Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa M 6,3, Pentingnya Memahami Ancaman Zona Outer Rise Selatan Bali

Kompas.com - 19/03/2020, 10:26 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pagi dini hari, Kamis (19/3/2020) pukul 00.45.38 WIB wilayah Bali, Lombok, Sumbawa Barat, dan Jawa Timur bagian selatan diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update M 6,3.

Episenter terletak pada koordinat 11,4 LS dan 115,04 BT tepatnya di laut pada jarak 305 km arah Selatan Kota Denpasar, Bali, pada kedalaman 10 km.

Gempa ini dirasakan hampir di seluruh Bali dan Lombok dengan skala intensitas terbesar mencapai IV MMI, di mana guncangan dirasakan cukup kuat hingga menyebabkan jendela dan pintu berderik. Beberapa warga yang sedang tidak tidur mencoba berlarian ke luar rumah.

Sementara itu di Sumbawa Barat dan bagian Selatan Jawa Timur guncangan dirasakan dalam skala intensitas III MMI, di mana guncangan dirasakan seperti ada truk lewat.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan dan patut disyukuri bahwa hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 6,6 Guncang Selatan Bali Tak Berpotensi Tsunami

Hingga pagi ini pukul 06.00 WIB sudah terjadi gempa bumi susulan (aftershocks) sebanyak 12 kali.

Menurut Daryono, Kepala Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman gempa pagi dinihari tadi tampak bahwa gempa ini dipicu oleh adanya aktivitas patahan tepat di zona Palung Jawa (Java Trench).

"Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa ini memiliki mekanisme patahan turun (normal fault), maka jelas bahwa deformasi batuan tersebut terjadi pada bidang tekukan Lempeng Indo-Australia yang mengalami gaya tarikan lempeng (ekstensional)," kata Daryono kepada Kompas.com.

Daryono menjelaskan, pada zona tersebut slab lempeng samudra Indo-Australia "mulai" menunjam dan menekuk ke bawah lempeng benua Eurasia di Selatan Bali.

"Dan di sinilah patahan itu terjadi," ungkapnya.

Karena patahan batuan terjadi pada bagian Lempeng Indo-Australia, maka gempa ini dapat disebut sebagai gempa intraslab, tapi masih berada di zona sumber gempa di luar zona subduksi (outer rise).

Memahami ancaman zona gempa outer rise

Gempa yang bersumber di zona outer rise Bali tidak hanya sekali ini saja terjadi.

Sebelumnya zona outer rise Bali pernah mengalami gempa signifikan sebanyak 3 kali, yaitu:

  1. 9 Jun 2016 dengan kekuatan M 6,0
  2. 17 Maret 2017 dengan kekuatan M 5,3
  3. 9 Juni 2019 dengan kekuatan M 5,1.

Zona outer rise selatan Bali ini patut diwaspadai dan tidak boleh diabaikan, karena zona sumber gempa ini mampu memicu gempa besar dengan mekanisme turun sehingga dapat menjadi generator tsunami.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com