10 Kabar Baik Sains yang Mungkin Anda Lewatkan karena Corona

Kompas.com - 17/03/2020, 07:05 WIB
Ilustrasi CakeioIlustrasi

KOMPAS.com - Pesatnya penyebaran virus corona membuat orang-orang di berbagai belahan dunia merasa khawatir. Apalagi ditambah dengan aktivitas media sosial dan pemberitaan media yang tak henti-hentinya membahas corona.

Namun, di tengah kekhawatiran ini, ada beberapa berita baik di dunia sains yang menginspirasi dan pantas untuk dicatat seperti dilansir dari Science Alert, Senin (16/3/2020), yaitu:

1. CRISPR telah digunakan untuk menyembuhkan kebutaan genetik untuk kali pertama

Seorang ahli bedah di Oregon Health & Science Institute menggunakan teknik modifikasi gen CRISPR untuk menyembuhkan Leber congenital amaurosis atau LCA, sebuah kondisi genetik langka yang menyebabkan kebutaan pada anak usia dini.

Pencapaian ini menambah daftar penemuan teknik medis lainnya seperti penyembuhan penyakit Huntington, herpes, HIV, dan imunoterapi untuk beberapa jenis kanker.

Baca juga: 9 Pertanyaan Anak tentang Corona dan Bagaimana Menjawabnya

2. 60.000 sampel bibit telah ditambahkan ke gudang benih Arktik di Svalbard

Pada Februari lalu, sebanyak 60.000 sampel bibit ditambahkan ke Svalbard Global Seed Vault.

Meningkatnya simpanan ke rumah perlindungan tanaman ini mencerminkan meningkatnya kekhawatiran dunia terhadap kemungkinan hilangnya keanekaragaman hayati dan ketahanan pangan, serta komitmen yang indah untuk generasi masa depan.

3. Sebuah vaksin flu universal yang potensial telah melalui tahap uji klinis

Para peneliti tengah mengembangkan vaksin flu universal yang disebut Flu-v. Vaksin ini telah melalui tahap I serta II uji coba klinis dan aman digunakan pada manusia. Flu-v berperan untuk menginduksi respon imun yang berlangsung setidaknya selama enam bulan.

Baca juga: Pembuatan Vaksin Flu Universal Hampir Selesai, Ini Artinya bagi Kita

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X