Gempa Hari Ini: M 5,2 Guncang Maluku Utara, Tidak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 14/03/2020, 19:15 WIB
Ilustrasi gempa, gempa Banten ShutterstockIlustrasi gempa, gempa Banten

KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 5,2 mengguncang wilayah Laut Filipina petang ini, Sabtu (14/3/2020) pukul 17.42 WIB.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), gempa bumi ini memiliki parameter awal dengan kekuatan M=5,2 yang kemudian dimutakhirkan menjadi Mw=4,9.

Disebutkan oleh Kepala Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc, episenter gempabumi ini terletak pada koordinat 2.92 LU dan 128.14 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 99 kilometer arah Utara Kota Daruba, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara pada kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: Jawa Sering Gempa, Ahli Ingatkan Mitigasi Sebelum Bandara YIA Diresmikan

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Filipina," kata Rahmat dalam keterangan tertulisnya.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik.

Kendati episenter gempabumi ini berada di laut, tetapi hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Sementara, dampak guncangan gempa bumi ini sendiri dirasakan di daerah Morotai Utara dengan intensitas III MMI. Getaran dengan skala tersebut dirasakan nyata dalam rumah dan terasa seakan-akan truk berlalu.

Baca juga: Gempa Sukabumi Terkait Zona Megathrust Selatan Jawa? Ini Kata Ahli

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X