Kompas.com - 14/03/2020, 17:01 WIB
Ilustrasi virus corona atau covid-19 SHUTTERSTOCKIlustrasi virus corona atau covid-19


KOMPAS.com - Sebelum virus corona akhirnya ditetapkan sebagai pandemi global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Indonesia pernah lebih dulu menghadapi pandemi virus H1N1, atau flu burung.

Dalam Public Health Harvard Club Indonesia (HCI) Shared Interest Group, Mantan Menteri Kesehatan, Andi Nafsiah Walinono mengungkapkan pentingnya belajar dari pengalaman dalam menghadapi pandemi flu burung beberapa tahun lalu.

"Pandemi virus corona adalah masalah kesehatan, komando ada pada Menkes. Tapi karena ini juga penyakit zoonomic, yang berasal dari binatang, maka juga perlu lintas sektor," ujar Nafsiah dalam diskusi bertajuk Menghadapi Covid-19 Coronavirus di Indonesia, Sabtu (14/3/2020).

Ketika H1N1 dinyatakan sebagai pandemi, Menkes saat itu langsung melakukan pendekatan public health, sehingga standar operasional penanganan wabah ini dapat segera tersusun.

Baca juga: Wabah Virus Corona, Ini 10 Alasan Anda Tidak Perlu Panik

Nafsiah memaparkan saat itu, Indonesia dinilai langsung tanggap dengan menjaga semua pintu masuk, sekitar 100 rumah sakit dengan tenaga medis dan fasilitas dipersiapkan dengan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para tenaga medis di rumah sakit tersebut dilatih untuk menangani karantina dan pasien. Laboratorium dipersiapkan dengan standar kualitas WHO.

"Jadi Indonesia (saat itu) bisa menunjukkan (penanganan pandemi flu burung) di tingkat global," jelas Nafsiah.

Nafsiah menilai upaya Indonesia menghadapi pandemi virus corona dengan menunjuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah menjadi langkah yang cukup tepat.

Baca juga: WHO Resmi Sebut Virus Corona Covid-19 sebagai Pandemi Global

"Tetapi (wabah Covid-19) dianggap sebagai bencana seluruh Indonesia, harus dipersiapkan dengan baik, seperti saat menghadapi pandemi flu burung," jelas dia.

Intinya, kata alumni Public Health Harvard University ini, untuk menghadapi pandemi virus corona yang sebabkan penyakit Covid-19 adalah dengan pendekatan kesehatan masyarakat terpusat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.