Dinosaurus Terkecil Terkurung dalam Fosil Damar, Inikah Wujudnya?

Kompas.com - 12/03/2020, 19:02 WIB
Gambaran dari Oculudentavis khaungraae , dinosaurus terkecil yang diperkirakan berasal dari era Mesozoikum. sciencealertGambaran dari Oculudentavis khaungraae , dinosaurus terkecil yang diperkirakan berasal dari era Mesozoikum.

KOMPAS.com - Spesies dinosaurus terkecil di dunia ditemukan terperangkap dalam fosil damar berumur 99 juta tahun. Sebelumnya, peneliti tak menyadari jika fosil damar tersebut ternyata menyimpan tengkorak kecil dinosaurus.

Namun saat fosil damar diangkat ke arah caya, tengkorak dinosaurus itu bisa terlihat dengan mudah.

Tim peneliti dari Amerika, Kanada, dan China memang sudah menemukan fosil tersebut pada tahun 2016 di Myanmar.

Kendati demikian, hasil penelitian dari dinosaurus terkecil yang diberi nama Oculudentavis khaungraae itu baru dipublikasikan baru-baru ini di jurnal Nature.

Baca juga: Kecoak Purba Zaman Dinosaurus ini Tampak Utuh di dalam Fosil Damar

Jingmai O'Connor, salah satu peneliti yang terlibat dalam studi ini menggambarkan spesies baru tersebut merupakan dinosaurus non unggas yang memiliki tengkorak berukuran sekitar 5 sentimeter.

Peneliti memperkirakan jika ukuran riil dinosaurus itu kira-kira sebesar burung kolibri, spesies burung terkecil di dunia.

O'Connor juga meyakini O. khaungraae sebagai spesies dinosaurus terkecil dari era Mesozoikum, yang berlangsung antara 250 dan 65 juta tahun yang lalu.

Baca juga: Dijuluki Si Dewa Kematian, Dinosaurus ini Masih Sepupu T-Rex

Peneliti percaya jika lingkungan tempat hidup O. khaungraae merupakan rawa bakau. Lingkungan itulah yang menurut mereka membuat O. khaungraae memiliki ukuran tubuh mini.

Spesies yang memiliki postur kecil di lingkungan yang terisolasi karena memiliki sejumlah manfaat, seperti tidak membutuhkan banyak tenaga.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Newsweek
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X