Dinosaurus Terkecil Terkurung dalam Fosil Damar, Inikah Wujudnya?

Kompas.com - 12/03/2020, 19:02 WIB
Gambaran dari Oculudentavis khaungraae , dinosaurus terkecil yang diperkirakan berasal dari era Mesozoikum. sciencealertGambaran dari Oculudentavis khaungraae , dinosaurus terkecil yang diperkirakan berasal dari era Mesozoikum.

KOMPAS.com - Spesies dinosaurus terkecil di dunia ditemukan terperangkap dalam fosil damar berumur 99 juta tahun. Sebelumnya, peneliti tak menyadari jika fosil damar tersebut ternyata menyimpan tengkorak kecil dinosaurus.

Namun saat fosil damar diangkat ke arah caya, tengkorak dinosaurus itu bisa terlihat dengan mudah.

Tim peneliti dari Amerika, Kanada, dan China memang sudah menemukan fosil tersebut pada tahun 2016 di Myanmar.

Kendati demikian, hasil penelitian dari dinosaurus terkecil yang diberi nama Oculudentavis khaungraae itu baru dipublikasikan baru-baru ini di jurnal Nature.