Kompas.com - 12/03/2020, 16:32 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona


KOMPAS.com - Wabah virus corona yang dimulai dari Wuhan, China, kian meluas ke seluruh dunia hingga saat ini total 126.380 orang terinfeksi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya menyatakan penyebaran virus corona saat ini menjadi pandemi.

"Virus corona telah menjadi pandemi. Kami telah membunyikan alarm dengan keras dan jelas," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Rabu (11/3/2020) dilansir dari New York Times.

Tedros menyerukan negara-negara di dunia untuk belajar dari keberhasilan satu sama lain dalam menangani virus ini.

"Temukan, pisahkan, uji, dan rawat setiap kasus, serta lacak setiap kontak. Siapkan rumah sakitmu. Lindungi dan latih pekerja layanan kesehatan Anda," tegas Tedros.

Baca juga: Virus Corona Pandemi Global, Ini 6 Pandemik Terburuk Sepanjang Sejarah

Virus corona infeksi pejabat hingga public figure

Melansir BBC News, pemerintah Italia mengumumkan menutup semua toko, kecuali supermarket dan apotek, akibat kian meluasnya infeksi virus corona di negara tersebut.

Perdana Menteri Giuseppe Conte mengatakan bar, restoran, salon hingga perusahaan yang tidak penting juga akan tutup.

Tercatat infeksi virus corona di Italia mencapai angka 12.462 kasus dan menjadikan negara ini sebagai negara kedua dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak setelah China.

Infeksi virus SARS-CoV-2 ini tidak hanya menjangkiti masyarakat umum biasa.

Kendati banyak para pasien yang terinfeksi setelah melakukan perjalanan dari negara-negara asal virus ini berkembang, namun sejumlah petinggi dan pejabat publik juga turut terinfeksi.

Baca juga: Virus Corona Pandemi Global, Ini Saran WHO untuk Mencegah Terinfeksi

Sejumlah kasus infeksi Covid-19 yang menyerang para petinggi negara muncul di Iran. Seperti dilansir dari Aljazeera, wakil presiden Iran, Eshaq Jahangiri dikonfirmasi terinfeksi Covid-19.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X