Bintang Raksasa Betelgeuse Tak Meledak, Pola Misteriusnya karena Ini

Kompas.com - 12/03/2020, 10:02 WIB
Ilustrasi ledakan Betelgeuse ESO/L. CalcadaIlustrasi ledakan Betelgeuse

KOMPAS.com - Bintang Betelgeuse atau yang lebih dikenal dengan nama Waluku oleh orang Jawa, sempat menjadi perbincangan hangat Februari lalu.

Saat itu, pengamatan yang dilakukan American Association of Variable Stars Obserbers (AAVSO) melihat bahwa kecerlangan atau cahaya bintang Betelgeuse terus meredup.

Dalam artikel berjudul Bintang Betelgeus, Jadi Meledak atau Tidak?, astronom amatir Indonesia Marufin Sudibyo mengatakan bahwa Betelgeuse merupakan bintang maharaksasa merah yang berjarak paling dekat dengan Bumi.

Salah satu bintang yang paling banyak diamati sejak awal peradaban hingga masa modern ini diketahui berjarak sekitar 700 tahun cahaya dari Bumi.

Disebut bintang maharaksasa karena ukuran garis tengah Betelgeuse sekitar 1.200 kali lipat Matahari.

Baca juga: Bintang Betelgeuse, Jadi Meledak atau Tidak?

Setelah beberapa waktu lalu sempat meredup, para astronom kini menemukan bahwa bintang Betelgeuse sudah mulai menunjukkan kecerlangannya lagi menuju ke tingkat kecerahan normal.

Dilansir Science Alert, Senin (9/3/2020), bintang Betelgeuse meredup disebabkan oleh debu yang dikeluarkannya. Debu inilah yang mengaburkan cahaya untuk sementara waktu.

Menanggapi hal itu, Marufin berkata, debu berasal dari bintang Betelgeuse itu sendiri.

"Debu itu dilepaskan ke lingkungan sekitar melalui angin bintang dan badai bintang," kata Marufin kepada Kompas.com, Selasa (10/3/2020).

Marufin menjelaskan, jika angin Matahari didominasi oleh hidrogen, angin bintang Betelgeuse didominasi oleh karbon.

"Saat mendingin, karbon menjadi gelap laksana jelaga dan membentuk tirai yang menghalangi sinar (cahaya) bintang Betelgeuse," jelasnya.

Namun selain debu, Marufin juga berkata bahwa pengaburan cahaya bintang Betelgeuse disebabkan oleh adanya starspot raksasa di pusat bintang.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X