Virus Corona Pandemi Global, Ini Saran WHO untuk Mencegah Infeksinya

Kompas.com - 12/03/2020, 09:05 WIB
Pihak WHO memberikan penjelasan terkait pencegahan dan sebab penyebaran virus corona dalam video. (Tangkapan layar video WHO). Tangkapan layar video WHOPihak WHO memberikan penjelasan terkait pencegahan dan sebab penyebaran virus corona dalam video. (Tangkapan layar video WHO).

KOMPAS.com - Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan wabah virus corona atau SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 sebagai pandemi.

Pasalnya, jumlah infeksi di seluruh dunia telah lebih dari 121.000 di 121 negara, termasuk Indonesia.

Bersamaan dengan penetapan pandemi ini, tentunya kita harus lebih waspada terhadap virus corona agar tidak ikut terinfeksi.

Berikut adalah saran WHO kepada publik untuk melindungi diri dan orang-orang tersayang dari Covid-19.

1. Cuci tangan Anda

Bersihkan tangan secara reguler dan menyeluruh menggunakan sabun dan air, atau bila tidak ada dengan pembersih tangan berbahan alkohol 60 persen (hand sanitizer).

Mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer bisa membunuh virus corona yang hinggap pada tangan Anda.

Baca juga: Tak Usah Panik, Begini Aturan Cuci Tangan agar Tidak Tertular Corona

2. Jaga jarak

Jaga jarak setidaknya satu meter dari orang yang sedang batuk atau bersin.

Pasalnya, virus corona ditularkan melalui droplet atau cairan yang keluar dari tubuh orang terinfeksi saat batuk atau bersin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X