Langkah 14 Hari Karantina Virus Corona Sudah Tepat, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 10/03/2020, 18:15 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona


KOMPAS.com - Penelitian terbaru menemukan manusia dapat terinfeksi virus corona tanpa menunjukkan gejala setelah lima hari terinfeksi.

Oleh karena itu, para ilmuwan berusaha mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang bagaimana proses penyebaran wabah dan efektivitas strategi mengatasi virus, seperti karantina atau cara lainnya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins dari Bloomberg School of Public Health dan dipublikasikan hari ini di jurnal Annals of Internal Medicine, rata-rata masa inkubasi membutuhkan waktu 5,1 hari.

Baca juga: Update Virus Corona 10 Maret: 114.422 Orang di 115 Negara Terinfeksi

Para ilmuwan mencoba memahami cara kerja virus corona dalam menginfeksi manusia, dari paparan pertama hingga menunjukkan gejala.

Mereka menggunakan data yang diperoleh dari laporan para ahli kesehatan, berita, dan siaran pers dari berbagai negara di seluruh dunia.

Adan 181 kasus yang diamati dan merupakan kasus yang terdeteksi hingga 24 Februari.

Selanjutnya, mereka memilih kasus yang memiliki informasi lebih detail terkait kemungkinan waktu pertama kali terinfeksi dan waktu pertama kali menunjukkan gejala.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X