Kompas.com - 09/03/2020, 17:02 WIB
Ilustrasi pengolahan produk berbahan bahan fosil picu perubahan iklim dan pengasaman laut. Ilustrasi pengolahan produk berbahan bahan fosil picu perubahan iklim dan pengasaman laut.

KOMPAS.com - Satu dekade lalu, seluruh negara di dunia memiliki waktu sekitar 30 tahun untuk mengurangi separuh emisi Bumi. Kini, waktu yang tersisa hanya tinggal 10 tahun.

Data dari PBB menunjukkan dunia harus melipatgandakan usaha menahan emisi untuk memenuhi target emisi Perjanjian Paris dalam menahan perubahan iklim.

Untuk menahan kenaikan suhu sampai 1.5 °C di atas tingkat pra-industri, negara-negara di dunia harus bekerja ekstra dalam kurun waktu 10 tahun ke depan.

Intergovernmental Panel of Climate Change (IPCC) menegaskan kondisi iklim akan sangat buruk jika melampaui limit suhu tersebut.

Baca juga: Bencana Besar jika Suhu Bumi Naik 2 Derajat Celcius pada 2030

Berdasarkan Laporan Kesenjangan Emisi milik PBB, dua orang ahli iklim terkemuka memberikan peringatan terhadap perbedaan antara hal yang dijanjikan oleh beberapa negara, dan hal yang sebenarnya mereka lakukan. 

Dalam satu dekade, kesenjangan tersebut telah melebar sebanyak empat kali lipat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir Science Alert, Senin (9/3/2020), sebuah komentar dalam jurnal Nature mengatakan pengurangan yang diperlukan untuk memenuhi tingkat emisi untuk 2°C adalah sekitar rata-rata 2 persen per tahun hingga 2030, jika aksi iklim serius dimulai pada 2010.

Baca juga: Perubahan Iklim Kian Ancam Pinus King Billy di Australia, Ini Sebabnya

"Tetapi sebaliknya, emisi malah semakin meningkat," lanjut komentar tersebut.

Antara 2008 hingga 2018, kelonjakan emisi mencapai sebesar 14 persen. Berarti, negara-negara di dunia harus bergerak lebih cepat dari sebelumnya.

Dengan semakin meningkatnya pemahaman tentang resiko perubahan iklim, menjadi sangat jelas bahwa tujuan dan janji yang diungkapkan sebelumnya benar-benar tidak memadai.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X