Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Sakit Rujukan Nasional, Apakah Semua Pasien Covid-19 Harus ke Sana?

Kompas.com - 09/03/2020, 13:30 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof Dr Sulianti Saroso yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara, menjadi salah satu rumah sakit rujukan nasional untuk kasus Covid-19.

Selain itu, dua rumah sakit rujukan nasional lainnya adalah RS Persahabatan di Jakarta Timur dan RS Gatot Subroto di Jakarta Pusat.

Dipilihnya tiga rumah sakit rujukan nasional tersebut bukanlah karena fasilitas dan penanganan medisnya yang lebih baik, melainkan kemampuannya melakukan outreach alias penjangkauan ke banyak tempat tanpa mengganggu jalannya fasilitas kesehatan (faskes).

Baca juga: Update Virus Corona 8 Maret: 103 Negara Terinfeksi, 60.192 Sembuh

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto.

“(Rumah sakit) rujukan nasional bukan berarti fasilitasnya yang paling hebat, namun dimaknai sebagai rumah sakit yang disiapkan untuk mampu melakukan outreach tanpa mengganggu keberlangsungan faskes dirinya,” tutur Yuri saat acara temu media dan WHO beberapa waktu lalu.

Baca juga: WHO Peringatkan, Uang Kertas Mungkin Dapat Menyebarkan Virus Corona

Juru bicara untuk penanganan dan pencegahan Covid-19 tersebut menjelaskan, salah satu contoh outreach yang dilakukan RSPI Sulianti Saroso yaitu mengecek para Anak Buah Kapal (ABK) di Pulau Sebaru beberapa waktu lalu.

“Sama halnya RS Persahabatan yang mem-back up dalam rangka monitoring Diamond Cruise,” lanjutnya.

Petugas Dinas Kesehatan DKI Jakarta menjelaskan pemakaian masker dan edukasi cuci tangan yang benar dalam sosialisasi pencegahan virus Corona kepada masyarakat saat hari bebas kendaraan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (8/3/2020). Sosialisasi dilakukan di empat titik yakni Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia (HI), depan patung Kuda Arjuna Wiwaha, dan depan fX Sudirman.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas Dinas Kesehatan DKI Jakarta menjelaskan pemakaian masker dan edukasi cuci tangan yang benar dalam sosialisasi pencegahan virus Corona kepada masyarakat saat hari bebas kendaraan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (8/3/2020). Sosialisasi dilakukan di empat titik yakni Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia (HI), depan patung Kuda Arjuna Wiwaha, dan depan fX Sudirman.

RS rujukan nasional untuk semua pasien Covid-19

Apakah semua pasien Covid-19 harus dirawat di rumah sakit rujukan nasional? Yuri menjelaskan bahwa hal tersebut tidak benar.

“Tidak efektif kalau semua pasien di bawa ke situ (RS rujukan nasional). Indonesia sangat luas,” tuturnya.

Oleh karena itu, pemerintah menunjuk (saat ini) 137 rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19 yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Cegah Covid-19, Apa Bedanya Self Monitoring dan Self Isolation?

“Dari segi laboratorium memang hanya milik Litbangkes Kemenkes, UNAIR, dan Lembaga Eijkman. Tapi fasilitasnya bisa dimiliki oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL),” tambah ia.

Lewat BBTKL yang ada di seluruh Indonesia, Yuri berharap, pasien suspek Covid-19 bisa periksa lab.

“Tadi bertemu dengan kepala BBTKL, sekarang sedang dikerjakan,” tambahnya.

Warga Thailand mengenakan masker untuk menjaga diri dari risiko terpapar virus corona, awal Februari 2020.Shutterstock Warga Thailand mengenakan masker untuk menjaga diri dari risiko terpapar virus corona, awal Februari 2020.

Kesiapan rumah sakit untuk Covid-19

Sampai saat ini, ada 8 rumah sakit rujukan bagi pasien suspek Covid-19 di Jakarta. Untuk seluruh Indonesia, total ada 137 rumah sakit yang menjadi rujukan pasien suspek Covid-19.

Yuri menyebutkan, penunjukan rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19 dilakukan berdasarkan kasus SARS dan wabah flu burung pada 2002.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com