Cegah Corona dengan Tak Menyentuh Wajah, tapi Kenapa Sulit Dilakukan?

Kompas.com - 09/03/2020, 08:41 WIB
Ilustrasi wajah ShutterstockIlustrasi wajah

KOMPAS.com - Wabah virus corona Wuhan telah menjadi kepanikan global. Semua orang di seluruh dunia pun mencari cara untuk melindungi diri dari virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Telah disampaikan pejabat kesehatan di seluruh dunia, masker wajah adalah hal yang sia-sia untuk mencegah penyebaran penyakit atau melindungi diri.

Sebagai gantinya, ahli menyarankan untuk sering cuci tangan dengan sabun dan berhenti menyentuh hidung, mata, juga mulut.

Berbicara tentang memegah wajah, sepertinya kebiasaan yang dianggap sepele ini sulit dihentikan. Kenapa demikian?

Baca juga: WNI di Singapura Positif Corona, KBRI Minta Hindari Tempat Ramai

Menurut Kevin Chapman, seorang psikolog dan direktur Kentucky Center Anxiety and Related Disorders, kecenderungan menyentuh wajah sendiri adalah kebiasaan yang sangat manusia.

Dia berkata, menyentuh wajah sendiri tanpa sadar menandakan bahwa Anda sadar atas keberadaan diri.

"Kesadaran diri di tempat umum menunjukkan bahwa kita sadar tentang diri sendiri dari sudut pandang orang lain, yang tak pelak muncul selama terjadi interaksi sosial," ujar Chapman dilansir Business Insider, Jumat (6/3/2020).

Sebuah riset yang terbit April 2014 menyarankan bahwa menyentuh wajah sendiri dapat mengatur stres dan pembentukan memori.

Nah untuk alasan kenapa menyentuh wajah sendiri sulit dilakukan, ini karena hal tersebut sudah dimulai sejak kecil dan tanpa disadari menjadi kebiasaan.

Inilah yang membuat kebiasaan menyentuh wajah sulit dihentikan meski bertujuan untuk menjaga kesehatan.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X