Kompas.com - 07/03/2020, 19:38 WIB
Eurythenes plasticus merupakan hewan baru yang ditemukan di Palung Mariana dengan kedalaman sekitar 6000 meter. WWFEurythenes plasticus merupakan hewan baru yang ditemukan di Palung Mariana dengan kedalaman sekitar 6000 meter.

KOMPAS.com - Para ilmuwan telah menemukan spesies hewan laut baru di palung terdalam Bumi yang terletak di Samudra Pasifik barat.

Mirisnya, ilmuwan juga mengidentifikasi plastik pada tubuh hewan ini, yang membuktikan bahwa krisis polusi global memang tak terelakkan lagi.

Tim dari Newcastle University di Inggris menemukan mahluk yang dikenal sebagai amphipoda, sejenis krustesea di Palung Mariana pada kedalaman sekitar 6000 meter.

Saat melakukan pemeriksaan, peneliti menemukan potongan kecil puing plastik yang dikenal sebagai mikroplastik di dalam tubuh amphipoda. Bahan yang teridentifikasi adalah polietilen tereftalat (PET), platik yang banyak digunakan dalam kemasan makanan dan minuman.