Kompas.com - 07/03/2020, 19:38 WIB
Eurythenes plasticus merupakan hewan baru yang ditemukan di Palung Mariana dengan kedalaman sekitar 6000 meter. WWFEurythenes plasticus merupakan hewan baru yang ditemukan di Palung Mariana dengan kedalaman sekitar 6000 meter.

KOMPAS.com - Para ilmuwan telah menemukan spesies hewan laut baru di palung terdalam Bumi yang terletak di Samudra Pasifik barat.

Mirisnya, ilmuwan juga mengidentifikasi plastik pada tubuh hewan ini, yang membuktikan bahwa krisis polusi global memang tak terelakkan lagi.

Tim dari Newcastle University di Inggris menemukan mahluk yang dikenal sebagai amphipoda, sejenis krustesea di Palung Mariana pada kedalaman sekitar 6000 meter.

Saat melakukan pemeriksaan, peneliti menemukan potongan kecil puing plastik yang dikenal sebagai mikroplastik di dalam tubuh amphipoda. Bahan yang teridentifikasi adalah polietilen tereftalat (PET), platik yang banyak digunakan dalam kemasan makanan dan minuman.

Baca juga: Penyu Hijau yang Diselamatkan Keluarkan Tinja Berisi 13 Gram Plastik

Tim peneliti pun lantas menamai spesies baru tersebut Eurytenes plasticus untuk menyoroti fakta bahwa tindakan harus segera diambil untuk menghentikan banjir sampah plastik ke lautan.

Alan Jamieson, ahli ekologi laut sekaligus penulis utama studi ini menyebut jika E plasticus sekarang tercatat sebagai salah satu dari 240 spesies yang diketahui telah menelan plastik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami menemukan spesies baru, namun sudah terkontaminasi. Hal tersebut membuat kami kehilangan jejak untuk memahami spesies ini di lingkungan alami," kata Jamieson.

Selain itu juga, temuan yang telah dipublikasikan dalam jurnal Zootaxa ini juga mencontohkan luasnya masalah plastik. Spesies di lingkungan laut terpencil dan ekstrem bahkan ikut menderita sebagai akibat dari aktivitas manusia.

Baca juga: Tangerang Sumbang Sampah Plastik Terbanyak di Jabodetabek

Halaman:


Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.