Kompas.com - 07/03/2020, 18:50 WIB
Selada berhasil ditumbuhkan di Stasiun Luar Angkasa Internasional, menjadi solusi bahan pangan untuk misi jangka panjang. nasaSelada berhasil ditumbuhkan di Stasiun Luar Angkasa Internasional, menjadi solusi bahan pangan untuk misi jangka panjang.

KOMPAS.com - Ilmuwan menyebut selada yang ditanam di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sepanjang 2014 hingga 2016 sama bergizinya dengan yang dibudidayakan di Bumi.

Kabar ini dapat memberikan solusi bahan pangan bagi manusia saat melakukan misi-misi luar angkasa selanjutnya.

Benih selada merah pertama dikirim ke ISS sebagai bagian dari percobaan untuk melihat apakah budidaya di luar angkasa memang memungkinkan.

Selanjutnya astronot akan menumbuhkan dan memakan selada tersebut sebagai eksperimen yang diberi nama Vegetable Production System Experiment atau Veggie.

"Selada bisa tumbuh. Mereka memposting fotonya dan memakan selada dengan burger keju dan taco yang mereka buat dari bahan yang tersedia," kata Christina Khodadad dari Badan Antariksa Amerika (NASA), seperti melansir Newsweek, Sabtu (7/3/2020).

Baca juga: ISS Akan Punya Hotel Kapsul untuk Turis Luar Angkasa

Untuk menguji perbedaan dengan selada yang ditanam di Bumi, sampel yang ditumbuhkan di ISS, dibekukan dan dikirim kembali ke Bumi.

Sementara itu, sebagai perbandingan tim ilmuwan juga menumbuhkan selada dalam kondisi yang sama dengan ISS di Bumi.

Analisis selada yang ditanam di ISS menunjukkan sebagian besar nilai gizinya sama dengan selada yang ditanam di Bumi.

Ilmuwan juga tidak menemukan adanya jenis bakteri yang menyebabkan penyakit pada manusia seperi Escherichia coli dan Salmonella.

Baca juga: AS Gaet Para Astronot Jepang untuk Eksplorasi Bulan

Namun masalah terbesar menanam tanaman di luar angkasa adalah mengantarkan air, oksigen, dan nutrisi ke akar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X