Vaksin Influenza Turunkan Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Kompas.com - 05/03/2020, 13:03 WIB
Ilustrasi vaksin shutterstockIlustrasi vaksin

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan RI sangat merekomendasikan vaksinasi influenza untuk seluruh peserta haji dan umrah. Namun, masih banyak calon jemaah yang mengabaikannya.

Meski dianggap ringan atau sepele, tetapi influenza menjadi penyakit kedua terbanyak yang diderita jemaah haji dan umrah dari Indonesia, setelah penyakit kardiovaskular.

Oleh sebab itu, Ketua Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (PERDOKI), Dr dr Muhammad Ilyas SpPD K-P SpP(K), vaksin influenza sangat penting dilakukan karena memiliki banyak manfaat selain melawan virus influenza itu sendiri.

Baca juga: Selain Corona, Jemaah Umrah Harus Waspada Virus Influenza

"Vaksin yang sangat diwajibkan saat ini adalah vaksinasi meningitis dan yang sangat dianjurkan selanjutnya adalah influenza," kata Ilyas dalam acara bertajuk "Optimalisasi Kesehatan Jemaah Haji dan Umrah", Rabu (4/3/2020).

Vaksinasi influenza pada penderita kardiovaskular dapat menurunkan risiko serangan jantung hingga 67 persen dan menurunkan risiko stroke sebanyak 24 persen.

Studi lainnya juga menunjukkan, vaksinasi influenza pada kelompok lansia dengan kencing manis berdampak pada penurunan kejadian rawat inap akibat komplikasi mencapai 79 persen dan kematian.

Vaksinasi influenza yang keliru

Dalam pemarapannya, Ilyas menyinggung bahwa hingga saat ini masih ada jemaah yang membuat sertifikat vaksinasi internasional (ICV) serta melakukan vaksin secara mendadak.

Untuk diketahui, ICV diberikan setelah seseorang benar-benar melakukan vaksinasi di rumah sakit, klinik atau Puskesmas yang berafiliasi dan mendapatkan kewenangan dari Kementerian Kesehatan.

Ilyas menyebutkan pernah ada kasus sekitar 280 orang jemaah asal Surabaya yang dibatalkan keberangkatannya karena ketahuan membuat ICV palsu.

Baca juga: Risiko Influenza Sangat Tinggi Saat Traveling, Ini Antisipasinya

"Bahkan mungkin sampai saat ini hanya 50 persen dari jemaah haji dan umrah yang melakukan vaksinasi dengan benar, dan ini PR kita," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X