Perubahan Iklim Kian Ancam Pinus King Billy di Australia, Ini Sebabnya

Kompas.com - 04/03/2020, 17:02 WIB
Pepohonan pinus King Billy di kawasan hutan hujan purba di Tasmanian Wilderness World Heritage Area, Tasmania, Australia. JJ HarrisonPepohonan pinus King Billy di kawasan hutan hujan purba di Tasmanian Wilderness World Heritage Area, Tasmania, Australia.


KOMPAS.com - Perubahan iklim semakin memberi ancaman serius bagi Bumi, khususnya pada keberadaan pepohonan pinus King Billy di hutan hujan purba di Tasmania, Australia.

Menurut sebuah studi terbaru di Portland State University, hutan hujan di Tasmania menghadapi masa depan yang suram karena iklim yang memanas.

Seperti dilansir dari Phys.org, Rabu (4/3/2020), studi ini memberikan pelajaran tidak hanya bagi Australia, yakni dengan kebakaran hutan yang terjadi di benua ini pada beberapa bulan lalu.

Akan tetapi, bagi wilayah-wilayah lain di seluruh dunia, kondisi kekeringan dan peningkatan risiko kebakaran hutan juga berpotensi terjadi.

Baca juga: Kebakaran Australia: Ini Misi Penyelamatan Pohon Pinus Dinosaurus

Penulis utama makalah ini, Andrés Holz mempelajari penurunan populasi pohon pinus King Billy (Athrotaxis selaginoides).

Profesor geografi di PSU's College of Liberal Arts and Sciences ini menjelaskan spesies konifer asli Tasmania itu berasal dari benua Australia, ketika benua ini menjadi bagian dari super benua Gondwana.

Spesien pohon paleoendemik ini menduduki jejak besar dari UNESCO World Heritage Area di Tasmania. Tumbuhan ini bahkan dianggap sebagai spesies yang sangat rentan oleh World Conservation Union.

Baca juga: Perubahan Iklim Picu Kenaikan Suhu, Ini Dampak pada Tanaman Pertanian

Studi ini menemukan, semakin sering kebakaran terjadi karena adanya tren kekeringan dan pemanasan regional. Bahkan, sejak kedatangan orang Eropa untuk pertama kalinya di Tasmania.

Potensi kebakaran lain baru-baru ini juga disebabkan oleh peningkatan intensitas petir. Kendati demikian, dia mempertanyakan sampaikan hal itu dapat bertahan. Bisa jadi, lanjut Holz, generasi ini dapat menjadi saksi kepunahan dari spesies tanaman kuno ini.

Kunci untuk memahami penurunan populasi pohon pinus King Billy yang cepat dapat dilakukan dengan beberapa hal.

Baca juga: Hutan Hujan Amazon Akan Hadapi Titik Kritis, Ini Prediksi Ilmuwan

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber PHYSORG
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X