Jangan Menyentuh Wajah agar Tak Tertular Corona, Ini Alasannya

Kompas.com - 04/03/2020, 13:03 WIB
Ilustrasi hidung shutterstockIlustrasi hidung

KOMPAS.com – Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah tertularnya virus SARS-CoV-2, yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Antara lain mencuci tangan dengan benar dan menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker terutama jika sedang sakit, juga menjaga imunitas tubuh.

Namun, upaya yang kerap terlupakan adalah untuk tidak menyentuh seluruh bagian wajah ketika sedang berada di ruang publik, atau ketika belum mencuci tangan.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Begini Cara Mencuci Tangan yang Benar

Hal yang kerap terjadi adalah kita mengenakan masker saat berada di ruang publik, namun masker tersebut tidak rapat. Tangan kita menyentuh fasilitas umum, kemudian menggosok bagian wajah.

Virus SARS-CoV-2 ditularkan lewat droplets (dahak), sehingga jika dahak tersebut menempel di fasilitas umum, kita dengan tidak sengaja ‘memindahkan’ virus tersebut ke wajah.

Padahal, World Health Organization (WHO) serta Center for Disease Control and Prevention menghimbau masyarakat untuk mencuci tangan dan jangan menyentuh bagian wajah.

Baca juga: Lebih dari 48.000 Orang Sembuh dari Virus Corona, Kok Bisa?

Ini adalah himbauan yang sangat sederhana, namun rupanya paling sulit dilakukan.

“Menyentuh bagian wajah, entah itu mengucek mata atau menggosok hidung, adalah kebiasaan yang dilakukan sejak lama. Ini kebiasaan yag sulit dihilangkan, karena Anda melakukannya secara tidak sadar,” tutur William Sawyer, dokter yang merupakan founder Henry and Hand, seperti dikutip dari Washington Post, Rabu (4/3/2020).

Henry and Hand sendiri merupakan organisasi non-profit yang berfokus pada sanitasi dan higienitas tangan.

“Hal itu merupakan kebiasaan, dan kebiasaan itu sulit dihilangkan,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X