Virus Corona Menyebar Lewat Droplet, Kenapa Kita Perlu Cuci Tangan?

Kompas.com - 25/01/2020, 12:05 WIB
Dampak Virus Corona, sejumlah petugas melakukan pemeriksaan ketat di sejumlah wilayah di China Hollywoodreporter.comDampak Virus Corona, sejumlah petugas melakukan pemeriksaan ketat di sejumlah wilayah di China

KOMPAS.com - Penggunaan masker adalah salah satu antisipasi agar tidak tertular virus corona. Selain itu, Anda juga bisa mencuci tangan dengan bersih secara konsisten.

Dilansir dari The New York Times, menurut Kepala Komite Kesehatan Publik untuk Penyakit Menular Masyarakat Amerika, Dr Julie Vaishampayan, mencuci tangan dan menghindari orang yang sakit jauh lebih penting daripada memakai masker.

Pembersih tangan efektif melawan virus pernapasan. Para ahli merekomendasikan untuk mencuci tangan dengan sabuh dan air setidaknya selama 20 detik. Selanjutnya, keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai.

Baca juga: INFOGRAFIK: Wabah Virus Corona dari China, Ini Peta Persebarannya

Saat mencuci tangan, pastikan Anda membersihkannya dengan benar. Mulai dari telapak tangan, punggung tangan, sampai jari-jari.

"Penting juga untuk menjauhkan tangan dari wajah Anda," kata Julie.

Apa kaitannya mencuci tangan dengan virus yang disebarkan melalui droplet?

Masih menurut Julie, virus pernapasan tidak menginfeksi melalui kulit Anda. Virus tersebut menginfeksi tubuh melalui selaput lendir yang ada pada mata, hidung dan mulut.

Hal ini juga ditegaskan oleh Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Dr dr Agus Dwi Susanto SpP(K). Ia mengatakan bahwa banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya mencuci tangan.

"Ini yang masyarakat tidak paham. Tangan adalah media penularan infeksi," kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (24/1/2020).

Baca juga: Sering Dianggap Sama, Apa Beda SARS dan Virus Corona dari Wuhan?

Dicontohkan oleh Agus, ada teman yang sedang sakit seperti flu dan batuk-batuk. Seringkali mereka memakai tangan untuk mulutnya saat batuk atau bersin. Tanpa disadari, terkadang saat bertemu tanpa diketahui dan disadari Anda bersalaman dengan orang tersebut.

"Maka kuman di tangan teman kita pindah ke tangan kita, terus kita lupa nggak cuci tangan," ujar Agus.

Pada saat Anda lupa untuk mencuci tangan, dan tanpa sadar juga Anda memegang hidung atau mulut sendiri. Dengan begitu, kuman juga akan terhirup oleh Anda.

"Kuman terhirup, masuk saluran napas, terinfeksi deh kita," tuturnya.

Baca juga: Virus Corona China, Kenali Gejala hingga Tips Mencegahnya

Oleh sebab itu, ketika Anda merasa sakit, sebaiknya gunakan tisu untuk menutup mulut ketika bersin atau batuk. Serta, lakukanlah cuci tangan sesuai dengan rekomendasi yang telah dikeluarkan oleh para ahli kesehatan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X