Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Ada Hewan yang Tetap Awet Muda?

KOMPAS.com - Dongeng Peter Pan di Neverland mengisahkan seorang anak laki-laki yang tidak pernah tumbuh dewasa dan tetap menjadi anak selamanya. Ternyata, di dunia nyata, juga ada spesies hewan yang selalu awet muda.

Hewan yang dapat hidup dengan rupa yang tetap awet muda itu adalah Axolotl.

Axolotl atau Ambystoma mexicanum adalah hewan bersifat akuatik dan merupakan anggota kelompok salamander. Di alam liar, mereka hanya ditemukan di perairan Meksiko.

Namanya terinspirasi dari Dewa Aztec Xolotl, dewa api dan kilat, yang mengubah dirinya menjadi Axolotl untuk perlindungan ketika dia dikejar oleh Dewa lain.

Lantas, apa yang membuat hewan salamander, Axolotl tetap awet muda?

Jawabannya dari pertanyaan itu terletak pada proses yang disebut neoteny yang dialami oleh hewan amfibi ini.

Dikutip dari Science ABC, Senin (27/3/2023) proses neoteny adalah proses terjadinya perlambatan perkembangan pada suatu organisme.

Dengan kata lain, hewan yang menunjukkan neoteny tetap dalam bentuk remaja lebih lama atau tidak pernah mencapai bentuk dewasa sama sekali.

Meski demikian, hewan salamander tersebut akan menjadi dewasa secara seksual, tetapi beberapa ciri masa remajanya tetap ada.

Kebanyakan salamander mengalami metamorfosis biasa, seperti bagaimana ulat berubah menjadi kupu-kupu.

Namun pada axolotl adalah neoton mutlak, yang artinya, mereka tidak pernah mengalami metamorfosis untuk menyelesaikan siklus hidupnya.

Hal tersebut membuat mereka menjadi dewasa, namun tetap mempertahankan banyak karakteristik di tahap remaja. Kemampuan yang dimiliki axolotl ini disebut pedomorfosis.

Pentingnya mempelajari hewan Axolotl

Proses neoteny pada salamander unik ini sangat penting bagi manusia karena mereka memiliki kemampuan untuk beregenerasi.

Sayang, hewan amfibi unik di alam liar ini tidak berkembang. Berhubung menarik secara visual, axolotl sangat populer dalam perdagangan hewan peliharaan. Itu membuat jumlah mereka di alam liar menurun.

Selain itu, sebagian besar populasi hewan tersebut menurun karena polusi di sungai dan invidu yang sangat mudah dimakan oleh ikan seperti ikan mas dan nila.

Setidaknya, saat ini hanya ada kurang dari 1000 axolotl, sehingga mereka pun masuk dalam daftar spesies hewan 'Sangat terancam punah' oleh IUCN.

Hewan amfibi yang sangat istimewa ini sangat membutuhkan konservasi dan perlindungan.

https://www.kompas.com/sains/read/2023/03/28/113100723/apakah-ada-hewan-yang-tetap-awet-muda-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke