Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah yang Dimaksud dengan Jam Kiamat Itu?

KOMPAS.com - Pada Selasa (31/1/2023), para ilmuwan atom menyetel ulang 'Jam Kiamat'. Banyak yang mungkin bertanya-tanya, tentang jam ini dan apakah berhubungan dengan berakhirnya dunia ini.

Sebenarnya, apa itu jam kiamat?

Para ilmuwan menyetel ulang jam kiamat tersebut dengan menggerakkan jarum jamnya menjadi 90 detik hingga tengah malam, yang kemudian menjadi lebih dekat dari sebelumnya dengan ancaman kehancuran.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (4/12/2023), jam kiamat adalah penunjuk waktu simbolis yang menunjukkan seberapa dekat dunia akan berakhir dan waktu tengah malam menandai titik teoritis dari kehancuran.

Kehancuran yang dimaksud di sini di antaranya seperti ancaman apokaliptik yang dapat muncul dari ketegangan politik, senjata, teknologi, perubahan iklim atau penyakit seperti pandemi.

Penyetelan ulang Doomsday Clock atau jam kiamat ini, dengan menggerakkan jarum jam menjadi lebih dekat atau lebih jauh dari waktu tengah malam berdasarkan pembacaan para ilmuwan tentang ancaman yang ada pada waktu tertentu.

Bagaimana cara pengaturan jam kiamat?

Sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Chicago, Bulletin of the Atomic Scientists, memperbarui waktu setiap tahun berdasarkan informasi mengenai risiko bencana bagi planet dan umat manusia.

Penentuan waktu pada jam kiamat ini dilakukan oleh dewan ilmuwan dan para pakar teknologi nuklir dan ilmu iklim, termasuk 13 Pemenang Nobel. Mereka mendiskusikan peristiwa di dunia dan menentukan di mana harus meletakkan jarum jam setiap tahunnya.

Kapan jam kiamat dibuat?

Jam kiamat telah menarik perhatian beberapa waktu ini. Keberadaan jam kiamat merupakan penggambaran bahwa manusia semakin dekat dengan kehancuran.

Asal-usul jam kiamat, ini dibuat pada tahun 1947 oleh sekelompok ilmuwan atom, termasuk Albert Einstein, yang telah bekerja di Proyek Manhattan untuk mengembangkan senjata nuklir pertama di dunia selama Perang Dunia II.

Tahun ini, jam kiamat sekarang berada pada 90 detik hingga tengah malam, dan menjadi paling dekat dengan tengah malam.

Jam kiamat ini menjadi pertama kalinya bergerak sejak ditetapkan pada 100 detik hingga tengah malam pada tahun 2020.

Pengaturan jam kiamat mencerminkan dunia, di mana invasi Rusia ke Ukraina telah menghidupkan kembali ketakutan akan perang nuklir.

Sebagian besar perang, menurut para ilmuwan, meski tidak secara ekslusif menjadi alasan tangan bergerak maju.

Lebih dari 75 tahun yang lalu, jam kiamat mulai berdetak pada tujuh menit menjelang tengah malam.

Sementara pada 17 menit hingga tengah malam, waktu menunjukkanhari kiamat pada tahun 1991, ketika Perang Dingin berakhir dan Amerika Serikat serta Uni Soviet menandatangani Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis yang secara substansial mengurangi persenjataan senjata nuklir dari kedua negara ini.

https://www.kompas.com/sains/read/2023/02/04/190000223/apakah-yang-dimaksud-dengan-jam-kiamat-itu-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke