Salin Artikel

Seberat 7,6 Kg, Ini Meteorit Terbesar yang Ditemukan di Antartika

KOMPAS.com - Antartika adalah tempat yang sempurna untuk berburu meteorit. Cuaca Antartika yang kering dan dingin dapat melindungi setiap meteorit yang jatuh.

Sementara latar belakang salju putih yang seragam serta gletser aktif mengungkap batuan luar angkasa kuno yang terkubur di bawah es, menjadikan Antartika sebagai salah satu tempat terbaik untuk menemukan meteorit.

Dalam seratus tahun terakhir, lebih dari 45.000 meteorit telah ditemukan di Antartika yang sebagian besar merupakan mikrometeorit dengan ukuran berkisar dari puluhan hingga ratusan gram.

Namun Desember 2022, peneliti menemukan meteorit besar yang langka di atas es.

Dengan berat 7,6 kilogram, itu adalah salah satu batuan luar angkasa terbesar yang pernah ditemukan di Antartika.

Mengutip New Scientist, Rabu (25/1/2023) Maria Schönbächler dari ETH Zurich di Swiss dan rekan-rekannya menemukan lima meteorit baru selama ekspedisi di dekat stasiun penelitian Princess Elisabeth Antartika pada Desember tahun lalu.

Untuk menemukan meteorit tersebut, Schönbächler dan timnya menyisir citra satelit menggunakan model pembelajaran mesin dan mengidentifikasi lima wilayah es yang relatif bebas salju, yang mungkin menutupi meteorit.

Mereka menjelajahi kelima wilayah secara sistematis dengan mobil salju, tetapi hanya satu yang berisi meteorit.

“Untuk menemukan yang sebesar itu, sejujurnya ini adalah keberuntungan,” kata Schönbächler.

Sementara meteorit tersebut belum dianalisis, tampaknya itu adalah chondrite biasa yang merupakan jenis meteorit yang paling umum.

Meski begitu benda-benda tersebut mengandung material tertua di tata surya dan kemungkinan berasal dari sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter.

Untuk analisis lebih lanjut, tim sekarang akan mengirim meteorit tersebut ke Belgia, dalam kotak pendingin untuk mencegah pencairan yang dapat merusak struktur kimianya yang halus.

"Kami cenderung tidak menemukan terlalu banyak meteorit sebesar ini di Antartika. Namun semakin banyak meteorit yang kita miliki makin banyak pula sampel yang tersedia bagi kita untuk dipelajari dan dipelajari tentang tata surya awal,” tambah Ashley King dari Natural History Museum di London.