Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejarah Resolusi Tahun Baru, dari Mana Asalnya?

KOMPAS.com - Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh orang-orang saat mengawali tahun baru adalah dengan membuat resolusi, misalnya akan lebih banyak menabung, rajin berolahraga, dan lain-lain.

Namun, pernahkah terpikir sejak kapan sejarah manusia mulai membuat resolusi tahun baru tersebut?

Meski bentuknya tak seperti sekarang, ternyata kebiasaan itu sudah bermula sejak ribuan tahun yang lalu.

Sejarah resolusi tahun baru, dikutip dari History, Jumat (16/12/2022), bangsa Babilonia kuno disebut-sebut sebagai orang pertama yang membuat resolusi tahun baru pada sekitar 4.000 tahun yang lalu.

Bahkan, mereka juga orang pertama yang mengadakan perayaan untuk menghormati tahun baru.

Selama perayaan yang dikenal sebagai Akitu, orang Babilonia menobatkan raja baru atau menegaskan kembali kesetiaan terhadap raja yang berkuasa.

Orang Babilonia juga akan berjanji kepada para dewa untuk membayar utang dan mengembalikan benda apa pun yang mereka pinjam.

Janji-janji ini kemudian dianggap sebagai pelopor resolusi tahun baru.

Sejarah tentang asal-usul resolusi tahun baru ini, jika orang Babilonia menepati janjinya, dewa akan memberikan hadiah di tahun yang akan datang, tetapi apabila tidak menepati, mereka tak disukai para dewa.

Sejarah lain tentang bagaimana resolusi tahun ini dimulai juga dipraktikkan oleh orang-orang Roma kuno pada masa Julius Caesar.

Ia menetapkan 1 Januari sebagai awal tahun baru sekitar 46 SM untuk menghormati Janus, dewa bermuka dua yang juga merupakan dewa permulaan baru.

Orang Romawi percaya secara simbolis Janus menghadap ke tahun lalu dan ke tahun baru, melambangkan pengawasan saat orang Romawi bergerak maju dan memenuhi janji tahun mereka.

Untuk menghormati Janus, orang Romawi pun mempersembahkan persembahan kepada dewa dan membuat janji perilaku yang lebih baik untuk tahun yang akan datang.

Sementara itu, bagi umat Kristen, hari pertama tahun baru menjadi kesempatan untuk memikirkan kesalahan masa lalu untuk menjadi lebih baik di masa depan.

Terlepas dari tradisi keagamaan, resolusi tahun baru saat ini sebagian besar dibuat untuk diri mereka sendiri dan berfokus murni pada perbaikan diri.

Sayangnya, tak banyak orang yang bisa berkomitmen untuk mencapai resolusi tersebut.

Namun, tentu saja itu tak akan menghentikan orang untuk membuat resolusi tahun baru dalam waktu dekat.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/12/17/090000723/sejarah-resolusi-tahun-baru-dari-mana-asalnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke