Salin Artikel

Apa Saja Syarat Planet Layak Huni?

KOMPAS.com - Sejauh ini, Bumi yang kita huni adalah satu-satunya planet layak huni. Namun, para ilmuwan dan astronom masih meyakini bahwa di alam semesta yang luas ini, ada banyak planet layak huni yang menunggu ditemukan.

Eksplorasi yang dilakukan teleskop-teleskop luar angkasa, tak sekadar menjadi alat untuk melihat dan mengamati berbagai benda langit.

Lebih jauh, teleskop luar angkasa dibuat juga untuk mengeksplor lebih dalam alam semesta dan mencari kehidupan di luar Bumi.

Sejumlah penemuan planet ekstrasurya atau exoplanet, diketahui banyak yang menunjukkan tanda-tanda layak huni, bahkan tak sedikit yang disebut sebagai planet mirip Bumi.

Lantas, apa saja syarat planet layak huni yang mungkin bisa menyimpan kehidupan seperti Bumi?

Seperti dikutip dari Science ABC, Kamis (15/12/2022), ada beberapa syarat atau faktor yang membuat sebuah planet layak huni, termasuk lokasinya yang berada di zona layak huni.

Selama 3,7 miliar tahun terakhir, kehidupan telah didominasi planet Bumi.

Dari kehidupan yang dimulai mikroba dan organisme bersel tunggal yang berevolusi menjadi tumbuhan dan hewan multisel raksasa yang kemudian mampu melakukan banyak hal rumit.

Syarat planet layak huni seperti Bumi

Dalam perjalanannya, ada banyak faktor atau syarat yang harus dipenuhi Bumi untuk dapat memungkinkan bagi suatu kehidupan.

Ada beberapa syarat umum agar suatu planet dapat layak untuk dihuni, di antaranya sebagai berikut.

1. Planet harus berada pada jarak yang nyaman dari bintangnya (zona layak huni).
  2. Bintang-bintang di sekitarnya harus stabil.
  3. Massa planet layak huni tidak rendah atau tinggi.
  4. Planet ini harus berputar pada porosnya.
  5. Planet layak huni harus memiliki inti planet yang cair.
  6. Dapat menahan atmosfer.
  7. Planet layak huni harus memiliki air cair dan senyawa lain yang dibutuhkan untuk kehidupan.

Kendati demikian, ada berbagai syarat lain untuk planet layak huni yang memungkinkan adanya kehidupan.

Alasan-alasan tersebut seperti faktor kosmologis hingga sistem bintang tempat planet ini berada.

Selain itu, syarat planet layak huni juga harus berada dalam orbit yang stabil saat mengelilingi bintang untuk waktu yang lama. Orbit planet juga harus melingkar, atau sangat dekat dengan bintangnya.

Syarat lainnya, planet ini juga seharusnya tidak terlalu dekat dengan planet raksasa, yang nantinya dapat menyebabkan planet ini dihujani asteroid terus menerus, atau yang mungkin dapat mengganggu orbit planet.

Planet layak huni juga seharusnya berada di sistem bintang yang tidak dekat dengan ledakan kosmik, seperti supernova atau semburan sinar gamma.

Poin-poin pertama dari syarat ini merujuk pada konsep 'zona layak huni' atau zona Goldilocks. Ini adalah zona yang ada di setiap sistem planet yang bergantung pada massa dan luminositas bintang.