Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jenis-jenis Burung Kenari, Apa Saja?

KOMPAS.com - Burung kenari adalah hewan peliharaan pemikat hati yang tidak sulit dirawat. Tak heran jika kenari yang memiliki banyak jenis ini digemari pecinta burung.

Burung kenari adalah burung kenari liar atau Finch Bird kecil yang spesies awal ditemukan berasal dari pulau-pulau di Makaronesia seperti di pulau Azores, Madeira, dan Kepulauan Canary, dikutip dari The Spruce Pets, Senin (31/10/2022).

Pertama kali, burung kenari dikembangbiakkan di penangkaran sejak abad ke-17, burung tersebut tiba di Eropa melalui pelaut Spanyol setelah mereka menaklukkan kepulauan Makaronesia.

Kini, burung ini banyak dipelihara sebagai burung peliharaan kesayangan oleh banyak penggemar burung di seluruh dunia.

Namun, burung-burung kenari yang kini banyak dijual belikan, dan dipelihara pecinta burung di seluruh dunia, secara genetik sudah sangat berbeda dengan nenek moyang mereka, burung kenari liar dari kepulauan Makaronesia.

Pasalnya, burung kenari mudah berkembang biak dengan spesies burung finch lainnya, sehingga hibridisasi dua jenis burung ini menghasilkan burung kenari yang unik.

Jenis-jenis burung kenari yang dikembangbiakkan sebagai hewan peliharaan ini lahir dengan berbagai varietas.

Kebanyakan dari burung-burung kenari tersebut dikembangbiakkan untuk bentuk dan ukuran, dibandingkan kemampuan bernyanyi atau warna bulunya yang unik dan menarik.

Berikut ini jenis-jenis burung kenari yang dikembangbiakkan saat ini dan merupakan varietas burung yang terbaik di antara banyaknya jenis burung kenari yang dibiakkan.

1. Jenis burung kenari American Singer

Burung kenari American Singer adalah jenis burung kenari penyanyi yang ramah dan bersahabat. Dikuti dari Pet Keen, Senin (31/10/2022), burung ini dikembangbiakkan di Amerika Serikat, dikenal sebagai burung yang suka berkicau.

Burung kenari Amerika dikenal dengan kemampuan mereka berkicau atau bernyanyi dengan melodi dan interaktif. Kemampuan burung penyanyi ini pun menjadikannya hewan peliharaan yang disukai keluarga dan anak-anak.

American Singer Canary atau burung kenari Amerika ini memiliki berbagai jenis warna, antara lain putih, biru, hijau, coklat kekuningan dan kuning.

2. Jenis burung kenari Belgian Fancy

Adalah jenis burung kenari yang dianggap sebagai breed kontinental tua. Burung kenari Belgian Fancy adalah burung kenari populer dengan leher yang panjang dan tubuh ramping.

Sayap dan ekor burung kenari ini panjang dan ramping, dengan kaki ramping dan lebih panjang dibandingkan kebanyakan jenis burung kenari lainnya.

Variasi warna bulu burung kenari ini beragam, dari putih, kuning, hijau, buff atau beraneka warna.

3. Jenis burung kenari Border Fancy

Kenari Border Fancy adalah jenis burung kenari yang sering digambarkan dalam banyak film, buku, bahkan film kartun.

Burung peliharaan ini dikembangbiakkan hanya untuk penampilan mereka, karena burung kenari jenis ini memiliki bulu berwarna kuning atau kuning dengan tanda putih.

Selain cantik, jenis burung kenari ini merupakan burung penyanyi yang luar biasa. Burung kenari penyanyi ini memiliki kicauan yang luar biasa dan akan menciptakan lagu sendiri tanpa ada dorongan.

4. Jenis burung kenari jambul

Burung kenari jambul dibiakkan karena jambulnya yang unik. Burung ini memiliki satu set bulu di kepala mereka yang menggantung ke bawah, membuat mereka terlihat memiliki potongan rambut atau wig yang kusut.

Burung kenari jambul ternyata telah ada sejak ratusan tahun lalu dan umumnya mudah berkembang biak.

5. Jenis burung kenari Fife Fancy

Kenari Fife Fancy sering dianggap sebagai hewan peliharaan pemula karena ramah, cerdas, dan mudah dirawat.

Burung-burung kenari ini kuat dan tidak rentan terhadap penyakit, yang berarti bahwa mereka biasanya tidak menjadi beban keuangan. Mereka suka meniru suara yang mereka dengar di lingkungan dan di televisi.

6. Jenis burung kenari berjumpai

Jenis burung kenari berjumbai ini unik karena bulunya terlihat berjumbai dan tidak terawat. Burung-burung kecil ini dikenal memiliki suara kicauan yang sangat merdu dan ramah.

Burung kenari ini juga suka berdiri dalam posisi yang membuatnya terlihat seperti angka 7.

7. Jenis burung kenari Harlequin Portuguese

Burung kenari ini memiliki ukuran sedang yang berasal dari Portugis. Mereka memiliki sayap yang panjang dan elegan yang menyatu dengan ekor.

Beberapa jenis burung kenari Harlequin Portuguese ini memiliki penampilan yang unik di kepala mereka, tampak seperti tiga tanduk kecil yang menonjol di bagian kepala.

Jenis warna burung kenari ini antara lain seperti putih, merah muda, oranye, abu-abu dan beraneka warna.

8. Jenis burung kenari kadal

Lizard Canary atau burung kenari kadal adalah salah satu ras kenari tertua yang ada. Fakta burung kenari kadal ini adalah jenis burung kenari yang terancam kepunahan.

Kepunahan burung kenari kadal hampir membuahkan hasil selama tahun 1900-an, ketika perang dan epidemi melanda dunia.

Bulu burung kenari ini memiliki tanda yang khas yang mirip dengan corak kulit pada kadal.

9. Jenis burung kenari Scotch Fancy

Burung kenari Scotch Fancy juga sering disebut sebagai kenari Skotlandia atau Glasgow Hen.

Kendati burung kenari ini bukan jenis yang populer di kerajaan kenari, tetapi beberapa peternak bekerja keras untuk menjaga garis keturunan mereka tetap hidup.

Burung-burung ini dapat hidup hingga usia 8 hingga 12 tahun, dan panjangnya sekitar 7 inci. Mereka suka makan buah sebagai makanan ringan dan menikmati makan dari tangan manusia.

10. Jenis burung kenari Stanfford

Burung kenari ini diyakini dikembangbiakkan sekitar tahun 1970-an atau 1980-an. Stanfford Canary merupakan jenis burung kenari yang cukup baru di antara burung kenari peliharaan lainnya.

Burung ini suka menghabiskan waktu di kandang daripada di ruang bebas, karena karakter burung kenari ini yang pemalu dan waspada terhadap keributan dan suara keras.

Kesemua jenis burung kenari ini adalah hewan peliharaan yang cocok untuk dipeliharan di rumah. Kendati, beberapa jenis burung peliharaan ini memang tidak menyukai suasana ribut, namun mereka adalah burung yang ramah dan terbuka dengan interaksi dengan manusia.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/10/31/190200623/jenis-jenis-burung-kenari-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke