Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Telapak Tangan Terasa Hangat, Gejala Apa?

Dalam kondisi tersebut, peningkatan aliran darah, infeksi, dan masalah medis lainnya kemungkinan menjadi penyebabnya.

Orang yang memiliki telapak tangan hangat sebaiknya tidak mendiagnosis diri mereka sendiri berdasarkan gejala ini saja. Pasalnya, dokter akan melihat gejala lain dan riwayat kesehatan untuk menentukan apakah ada sesuatu yang salah.

Penyebab telapak tangan hangat

Masalah medis berikut ini dapat menyebabkan telapak tangan hangat:

1. Eritema telapak tangan

Rasa hangat atau rasa terbakar di kedua telapak tangan bisa jadi disebabkan oleh kondisi kulit langka yang disebut eritema palmaris.

Kondisi ini juga menyebabkan warna merah pada telapak tangan, dan terkadang bahkan jari-jari tangan.

Beberapa kasus eritema palmaris tidak diketahui penyebabnya, ada kemungkinan juga penyakit ini merupakan penyakit turunan.

Namun, beberaapa kondisi bisa berkaitan dengan eritema palmaris, di antaranya kehamilan, konsumsi obat-obatan, dermatitis atopik, diabetes melitus, kondisi autoimun, masalah kelenjar tidroid, atau HIV.

Jika tidak ada penyebab eritema palmaris yang diketahui pasti, maka tidak ada pengobatan khusus untuk itu.

Tetapi jika kondisi eritema palmaris terkait dengan penyebab mendasar yang dapat diobati, biasanya akan hilang setelah penyebab yang mendasarinya diatasi.

2. Carpal tunnel syndrome

Carpal tunnel syndrome atau sindrom terowongan karpal adalah kondisi ketika ada tekanan pada saraf median di pergelangan tangan.

Saraf ini berjalan dari lengan bawah ke telapak tangan, di terowongan karpal pergelangan tangan.

Dalam beberapa kasus, kondisi ini dapat menyebabkan telapak tangan terasa hangat atau sensasi terbakar di telapak tangan.

Ini sering terjadi pada mereka yang menggunakan tangan dan pergelangan tangan untuk bekerja, seperti mengetik.

3. Fibromyalgia

Fibromyalgia biasanya ditandai dengan rasa sakit yang dirasakan di berbagai tempat di tubuh, serta kelelahan secara umum.

Dalam beberapa kasus, penderita fibromyalgia akan mengalami sensasi terbakar di telapak tangan dan kaki mereka.

Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter, jika Anda mengalami rasa sakit yang meluas dan berkelanjutan tanpa penyebab yang jelas, setidaknya selama tiga bulan atau lebih.

4. Neuropati perifer

Telapak tangan hanyat atau munculnya sensasi terbakar, juga bisa menjadi gejala neuropati perifer.

Kondisi ini melibatkan disfungsi saraf, karena kerusakan saraf dari kondisi yang mendasarinya.

Beberapa kondisi mendasar yang bisa menyebabkan neuropati perifer, yakni penyakit autoimun, diabetes melitus, hipotiroidisme, atau infeksi virus dan bakteri

5. Distrofi refleks simpatis

Distrofi simpatis refleks (RSD) atau dikenal juga sindrom nyeri regional kompleks (CRPS) adalah kondisi kompleks, di mana terjadi gangguan fungsi pada sistem saraf dan sistem kekebalan Anda.

Malfungsi ini biasanya merupakan akibat dari cedera atau kondisi yang mendasarinya, termasuk stres, infeksi, atau kanker.

Meskipun paling sering terjadi di tangan, itu juga dapat mempengaruhi bagian tubuh lainnya. Ini sering membuat bagian tubuh yang terkena terasa hangat saat disentuh, germasuk telapak tangan.

Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan berkeringat.

6. Eritromelalgia

Meskipun jarang terjadi, eritromelalgia dapat menyebabkan telapak tangan terasa hangat atau sensasi terbakar yang menyakitkan pada tangan.

Gejala lain termasuk pembengkakan, peningkatan keringat, hingga kulit berwarana merah atau ungu.

Hingg kini dokter belum yakin apa yang menyebabkan eritromelalgia. Kemungkinan, ini berkaitan dengan pembuluh darah tertentu yang tidak melebar atau menyempit sebagaimana mestinya, sehingga memengaruhi aliran darah ke tangan dan kaki Anda.

Selain itu, beberapa kondisi kesehatan juga bisa menyebabkan eritromelalgia, seperti gangguan sumsum tulang, kerrusakan saraf, gangguang autoimun

Rasa hangat dan terbakar yang disebabkan oleh eritromelalgia bisa diredakan dengan teknik pendinginan, seperti memasukkan tangan ke dalam air dingin.

Itulah enam kondisi yang bisa menyebabkan telapak tangan hangat. Jadi, jika telapak tangan terasa hangat dan tak kunjung menghilang, ada baiknya segera ke dokter untuk menemukan penyebabnya dan mendapatkan perawatan yang tepat.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/10/03/100500323/telapak-tangan-terasa-hangat-gejala-apa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke