Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Pelangi, Fenomena yang Muncul Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II?

KOMPAS.com - Malam terakhir Ratu Elizabeth II disemayamkan, pelangi muncul di atas Westminster Abbey, Minggu (18/9/2022). Apa itu pelangi, fenomena alam yang muncul menjelang pemakaman Ratu Elizabeth II?

Pelangi juga sempat muncul di atas Kastil Windsor pada malam pengumuman kematian Her Majesty Queen Elizabeth II pada 8 September 2022, seperti dikutip Independent, Senin (19/9/2022).

Fenomena alam ini pun menarik perhatian warga Inggris dan dunia.

Bahkan, ribuan pelayat seolah disambut dengan pelangi sendu yang muncul untuk mengantarkan Ratu Elizabeth II ke peristirahatan terakhir.

Namun, fenomena apa itu pelangi?

Pelangi adalah penampakan serangkaian warna di langit membentuk busur atau setengah lingkaran yang dapat terlihat ketika cahaya dari sumber yang jauh, biasanya dari pantulan sinar matahari, yang jatuh pada kumpulan tetesan air.

Fenomena pelangi yang muncul saat Ratu Elizabeth II wafat dan menjelang pemakaman ratu terlama Inggris Raya itu sering kali muncul saat hujan, atau saat ada percikan air yang menyembur lalu terbiaskan cahaya matahari. Bisa juga fenomena alam ini muncul karena kabut.

Proses terbentuknya pelangi

Pelangi biasanya diamati di arah berlawanan dengan matahari. Sebab, pelangi terbentuk oleh pembiasan cahaya dan pantulan internal sinar cahaya yang masuk ke tetesan hujan, dikutip dari Britannica.

Dilansir dari SciJinks, pelangi disebabkan oleh sinar matahari dan kondisi atmosfer. Saat memasuki tetesan air atau hujan, cahaya matahari akan bergerak melambat dan menekuk dari udara ke air.

Cahaya ini akan memantul dari bagian dalam tetesan air, lalu komponennya akan memisah menjadi panjang gelombang atau warna.

Ketika cahaya ini keluar dari tetesan, maka warna-warna yang dibiaskan akan keluar dan menjadi pelangi.

Pelangi, seperti yang muncul di langit saat berpulangnya Ratu Elizabeth II, adalah sebuah fenomena alam yang paling indah.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/09/21/100200023/apa-itu-pelangi-fenomena-yang-muncul-jelang-pemakaman-ratu-elizabeth-ii

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke