Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Katak Racun Emas, Termasuk Hewan Paling Beracun di Bumi

Meski demikian, sebagian spesies katak, racunnya tak cukup membahayakan bagi manusia dan hewan lain, sementara beberapa jenis katak bisa sangat beracun, bahkan mematikan bagi manusia.

Katak paling beracun di Bumi

Katak sangat beracun yang paling ternama adalah katak racun emas (Phyllobates terribilis), di tubuhnya mengandung racun yang cukup untuk membunuh 20.000 tikus atau 10 orang dewasa.

Katak racun emas bahkan disebut sebagai hewan paling beracun di Bumi. Karena, hanya dengan menyentuhnya saja bisa sangat berbahaya.

Efek dari racun katak racun emas dapat mencegah saraf mengirimkan impuls hingga menyebabkan gagal jantung. Kematian akibat racun katak racun emas ini dapat terjadi dalam waktu 10 menit saja dan tidak ada obatnya.

Tapi, katak racun emas tidak memiliki gigi tajam atau duri untuk menyerang predator dengan racunnya.

Sama seperti katak lainnya, Ia pun hanya dapat mengeluarkan racun melalui kulit. Bisa dibilang, racun adalah satu-satunya alat perlindungan diri yang dimiliki katak racun emas.

Populasi katak racun emas

Amfibi berwarna cerah ini termasuk yang terbesar dari lebih dari 100 spesies katak racun emas, dengan panjang rata-rata lebih dari satu inci.

Katak racun emas tinggal di sebidang kecil hutan hujan di pantai Pasifik Kolombia. Penduduk asli Emberá di Kolombia telah menggunakan racun katak racun emas yang kuat selama berabad-abad untuk mengarahkan panah sumpit mereka saat berburu.

Sayangnya, saat ini spesies katak racun emas masuk dalam daftar terancam punah internasional. Ini karena terjadinya penipisan hutan hujan yang terus mengancam populasi mereka.

Di sisi lain, komunitas peneliti medis tengah mengeksplorasi kemungkinan penggunaan obat dari racun katak racun emas. Mereka telah mengembangkan versi sintetis dari salah satu senyawa racun yang menjanjikan, sebagai obat penghilang rasa sakit yang kuat.

Meski hingga kini para ilmuwan belum yakin dari mana sumber racun luar biasa dari katak racun emas, ada kemungkinan katak racun emas mengasimilasi racun tanaman, yang dibawa oleh mangsanya.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/09/08/130500523/mengenal-katak-racun-emas-termasuk-hewan-paling-beracun-di-bumi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke