Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER SAINS] BMKG Deteksi Siklon Tropis Mulan | Harta Karun di Kapal Karam | Fenomena Supermoon Sturgeon Moon | Vaksin Comirnaty Diizinkan untuk Anak 16-18 Tahun

KOMPAS.com - Siklon tropis Mulan terdeteksi BMKG di Laut China Selatan, menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Kamis (11/8/2022).

BMKG menyebut bahwa siklon tropis Mulan yang membawa angin dengan kecepatan maksimum 35 knot dan tekanan udara minimum 996 mb ini, berpeluang memengaruhi cuaca di Indonesia.

Sejumlah wilayah di Indonesia diimbau waspada oleh dampak cuaca ekstrem yang dapat disebabkan oleh siklon tropis ini.

Kapal Nuestra Senora de las Maravillas pada 366 tahun lalu, karam di lepas pantai Bahama. Sekelompok tim peneliti menemukan kembali kapal tersebut, dengan banyak harta karun dari berbagai emas dan batuan permata.

Sebelum karam, kapat itu melakukan perjalanan antara Spanyol dan Kolombia pada tahun 1656 untuk mengambil muatan perak.

Fenomena supermoon terakhir di tahun 2022 berlangsung selama dua hari, sejak Kamis (11/8/2022) hingga hari ini, Jumat (12/8/2022). Bulan purnama super atau Sturgeon Moon ini, dapat diamati di seluruh wilayah Indonesia.

Vaksin comirnaty atau vaksin Covid-19 yang dikembangkan Pfizer-BioNtech, akhirnya diizinkan untuk digunakan pada anak remaja usia 16-18 tahun.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains, sepanjang Kamis (11/8/2022) hingga Jumat (12/8/2022).

BMKG deteksi siklon tropis Mulan

Siklon tropis Mulan, menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, terpantau di Laut China Selatan dengan kecepatan angin maksimum 35 knot.

Sistem siklon tropis ini bergerak ke arah barat laut dengan intensitas yang persisten dalam 24 jam ke depan.

Guswanto menyebut, sirkulasi siklonik terpantau di perairan timur Filipina yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi), yang memanjang dari perairan selatan hingga timur Filipina.

"Kondisi (akibat adanya siklon tropis Mulan) tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet atau konvergensi tersebut," kata Guswanto dalam keterangan tertulis BMKG, Rabu (10/8/2022).

Adanya faktor pemicu cuaca ekstrem yang disebabkan oleh pertumbuhan siklon tropis Mulan ini, BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia.

Cuaca ekstrem berupa hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang, berpotensi terjadi pada 11-12 Agustus 2022.

Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem sebagai dampak siklon tropis Mulan yang terdeteksi BMKG di Laut China Selatan. Selengkapnya berita populer Sains ini dapat dibaca di sini.

Harta karun emas permata di kapal karam

Harta karun berupa koin emas dan batu permata baru-baru ini ditemukan di sebuah kapal karam Spanyol berusia 366 tahun di Bahama. Kapal yang dikenal sebagai Nuestra Senora de las Maravillas ini punya bobot 808 metrik ton.

Sebelum karam, kapat itu melakukan perjalanan antara Spanyol dan Kolombia pada tahun 1656 untuk mengambil muatan perak.

Namun dalam perjalanannya itu, kapal mengalami kesalahan navigasi yang menyebabkannya bertabrakan dengan kapal Spanyol lain dan berakhir dengan karamnya kapal tersebut.

Dikutip dari Live Science, Rabu (10/8/2022) sejarawan sering menganggap Maravillas sebagai salah satu kapal besar Spanyol yang sarat harta.

Sebagian besar harta sekitar 3,5 juta item kemungkinan telah menjadi sasaran para penjarah sepanjang tahun 1656 hingga awal 1990-an.

Allen Exploration (AllenX), organisasi yang mengkhususkan diri dalam menemukan bangkai kapal bersejarah pun kemudian bekerja sama dengan pemerintah Bahama untuk melindungi apa yang tersisa di kapal dan muatannya.

"Maravillas adalah bagian ikonik dari sejarah maritim. Namun sayang sudah banyak hancur karena penjarahan pada abad ke-17 dan ke-18," kata Carl Allen, pendiri Allen Exploration, tim penemu harta karun emas permata di kapal Maravillas.

Selengkapnya, berita populer Sains tentang penemuan harta karun emas permata di kapal karam Maravillas ini dapat disimak di sini.

Fenomena supermoon terakhir Sturgeon Moon

Fenomena Sturgeon Moon menjadi supermoon keempat, dan menjadi supermoon yang terakhir di tahun ini.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan, peristiwa astronomis Super Sturgeon Moon akan berlangsung selama dua hari, pada 11-12 Agustus 2022.

Untuk menyaksikan fenomena ini tidak perlu menggunakan alat bantu apa pun, kecuali jika ingin mengabadikan momen ini.

Cukup arahkan pandangan mata ke arah kemunculan Sturgeon Moon, dan pastikan medan pandang bebas dari penghalang yang bisa mengganggu pengamatan.

Menurut Live Science, supermoon yang memiliki nama lain Green Corn Moon ini akan muncul dalam 90 persen perigee atau bulan berada di titik terdekatnya dengan bumi.

Sebagai tambahan informasi, bulan purnama yang diberi nama Sturgeon Moon, dikarenakan merujuk pada munculnya ikan Sturgeon di perairan Great Lakes dan Danau Champlain di Amerika Serikat.

Berita populer Sains tentang fenomena supermoon terakhir tahun 2022, Sturgeon Moon, dan waktu menyaksikannya, selengkapnya dapat dibaca di sini.

Vaksin cominarty diizinkan untuk anak 16-18 tahun

BPOM akhirnya keluarkan izin penggunaan darurat untuk vaksin cominarty, buatan Pfizer-BioNTech, sebagai vaksin booster untuk kelompok usia anak 16-18 tahun.

Vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech ini memakai platform mRNA, dan menjadi salah satu dari 12 vaksin yang telah memperoleh persetujuan EUA di Indonesia.

Untuk dosisnya, anak-anak diberikan sebesar satu dosis (30mcg/0.3 mL), sekurang-kurangnya 6 bulan setelah dosis kedua vaksinasi primer menggunakan vaksin Comirnaty atau digunakan sebagai booster homolog.

Adapun vaksin ini telah memperoleh EUA di Indonesia pada 14 Juli 2021, dengan indikasi untuk vaksinasi primer pada usia 12 tahun atau lebih.

Setelah itu, BPOM memperluas EUA vaksin Comirnaty untuk penambahan posologi dosis booster orang dewasa berusia 18 tahun atau lebih pada 2 Januari 2022 (booster homolog) dan pada 11 Januari 2022 (booster heterolog).

Hasil studi klinik menunjukkan,adanya efektivitas pemberian booster pada kelompok usia 16 tahun ke atas, serta profil keamanan yang serupa dengan profil keamanan pada pemberian vaksinasi dosis primer.

Selengkapnya berita populer Sains tentang vaksin cominarty untuk anak usia 16-18 tahun, dapat dibaca di sini.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/08/12/070200823/-populer-sains-bmkg-deteksi-siklon-tropis-mulan-harta-karun-di-kapal-karam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke