Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BMKG Deteksi Bibit Siklon Tropis 97W, Waspada Cuaca Ekstrem di Wilayah Berikut

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi adanya bibit siklon tropis 97W yang dapat berpengaruh terhadap kondisi cuaca di Indonesia, terutama potensi cuaca ekstrem.

Berdasarkan analisis BMKG, bibit siklon tropis 97W terpantau di Laut Cina Selatan sebelah barat Filipina dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1006 mb.

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Guswanto, mengatakan sistem ini bergerak ke arah barat-barat laut dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan dalam kategori rendah.

Dijelaskan pula, bahwa bibit siklon tropis ini menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot (low level jet) di Laut Cina Selatan dan di Laut Natuna.

Adapun daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Aceh, di Kalimantan bagian utara, pesisir timur Kalimantan Timur, dari Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tengah, dari Sulawesi Selatan bagian utara hingga Sulawesi Tengah, di Sulawesi Tenggara.

Selain itu, dari Sulawesi Tengah hingga Gorontalo, di Sulawesi Utara, di Maluku Utara, dari Papua Barat hingga Maluku dan di Papua.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitar bibit siklon tropis, low level jet dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut," ujar Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (6/8/2022).

Dengan adanya faktor pemicu cuaca ekstrem ini, sejumlah wilayah di Indonesia perlu mewaspadai peluang terjadinya hujan intensitas ringan hingan lebat yang dapat disertai angin kencang pada 7-8 Agustus 2022.

Berikut daftar wilayah berpotensi mengalami cuaca ekstrem berupa hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang dua hari ke depan.


Senin, 8 Agustus 2022:

  1. Kepulauan Riau
  2. Sumatera Selatan
  3. Kalimantan Utara
  4. Sulawesi Tengah
  5. Sulawesi Barat
  6. Sulawesi Tenggara
  7. Maluku Utara
  8. Maluku
  9. Papua Barat
  10. Papua
  11. Sumatera Barat
  12. Bengkulu
  13. Sulawesi Utara
  14. Gorontalo
  15. Sulawesi Selatan

Sementara, wilayah yang berpotensi mengalami angin kencang pada 7-8 Agustus 2022 ialah Aceh dan Jawa Timur.

Bagi wilayah yang masuk dalam daftar kategori waspada potensi cuaca ekstrem, harus mengantisipasi dan melakukan mitigasi terhadap risiko dampaknya, terutama bencana hidrometeorologi.

Bencana hidrometeorologi yang kerap terjadi akibat cuaca ekstrem di antaranya banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, jalanan licin, hujan angin, kilat atau petir, genangan, rob dan sebagainya.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/08/07/130300423/bmkg-deteksi-bibit-siklon-tropis-97w-waspada-cuaca-ekstrem-di-wilayah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke