Salin Artikel

Ahli Temukan Fosil Hewan Predator Paling Awal, Seperti Apa?

KOMPAS.com  -Ahli telah menemukan fosil predator hewan paling awal yang diketahui di Charnwood forest, dekat Leicester di Inggris. Tempat tersebut memang terkenal sebagai situs penemuan fosil.

Mahluk itu menurut peneliti punya penampakan yang terbilang aneh, karena memiliki tentakel menyerupai piala penuh dengan jemari yang menggeliat.

Spesimen yang kemudian diketahui berusia 560 juta tahun ini adalah yang pertama dari jenisnya, tetapi terkait dengan kelompok yang mencakup karang, ubur-ubur, dan anemon yang hidup di Bumi saat ini.

Ahli paleontologi yang menemukannya lantas menamainya dengan Auroralumina attenboroughii. Nama genus Auroralumina diterjemahkan menjadi lentera fajar dan merujuk pada usia tua fosil serta bentuknya yang seperti obor.

Sementara untuk nama spesiesnya, attenboroughii dipilih untuk menghormati Sir David Attenborough, penyiar dan sejarawan alam asal Inggris.

Dikutip dari Phys, Kamis (28/7/2022) penemuan auroralumina ini memberikan wawasan sekaligus menimbulkan pertanyaan mengenai kapan kelompok hewan modern muncul di Bumi.

"Secara umum diyakini kelompok hewan modern seperti ubur-ubur muncul 540 juta tahun yang lalu dalam Ledakan Kambrium. Tetapi predator ini ( Auroralumina) mendahuluinya 20 juta tahun," kata Phil Wilby, palentolog dalam studi ini.

Ledakan Kambrium adalah episode 55 juta tahun di mana kehidupan di Bumi dengan cepat terdiversifikasi. S

elama periode yang berlangsung 541 juta hingga 485,4 juta tahun yang lalu, banyak bentuk hewan berevolusi termasuk leluhur arthropoda, laba-laba, dan krustasea.

Sehingga, peneliti pun menyebut bahwa Auroralumina adalah mahluk paling awal yang diketahui memiliki kerangka.

"Ini adalah makhluk pertama, hewan pertama yang kami sadari yang benar-benar menumbuhkan kerangka," kata Wilby.

Struktur tentakelnya mengisyaratkan bahwa A. attenboroughii kemungkinan memakan plankton dan protista, yang akan menjadikannya pemangsa paling awal yang diketahui di dunia hewan

Sejauh ini peneliti hanya menemukan satu, tetapi sangat menarik untuk mengetahui bahwa masih ada yang lainnya di luar sana yang bisa membantu menguak bagaimana kehidupan kompleks di Bumi dimulai.

Penemuan fosil

Penemuan fosil bermula ketika Phil Wilby dan tim dari British Geological Survey menghabiskan lebih dari seminggu membersihkan permukaan batu seluas 100 m persegi.

Mereka lantas mengambil cetakan karet dari seluruh permukaan dan menangkap kesan lebih dari 1000 fosil, namun ada satu yang menonjol.

"Fosil itu sangat berbeda dengan fosil lain di Hutan Charnwood dan di seluruh dunia," ungkap Frankie Dunn dari Museum Sejarah Alam Universitas Oxford yang melakukan penelitian terperinci fosil.

"Fosil Auroralumina jelas memiliki kerangka dengan tentakel padat yang akan melambai di air untuk menangkap makanan yang lewat, seperti yang dilakukan karang dan anemon laut saat ini," jelasnya.

Dunn juga menyebut spesimen sebagai fosil kecil yang kesepian dan mengira itu berasal dari air yang lebih dangkal daripada sisa fosil yang ditemukan di Charnwood.

Batu purba di Charnwood sangat mirip dengan endapan di laut dalam di sisi pulau vulkanik seperti di dasar Montserrat di Karibia hari ini.

Sementara itu semua fosil di permukaan batu yang dibersihkan oleh tim peneliti berlabuh di dasar laut dan terguling ke arah yang sama oleh banjir abu vulkanik yang menyapu kaki gunung berapi yang terendam.

Tapi hanya satu yang tidak, yaitu fosil A.attenboroughii. Fosil itu terletak pada sudut yang aneh dan telah kehilangan dasarnya sehingga tampaknya telah tersapu menuruni lereng.

Peneliti sendiri melakukan analisis penanggalan fosil di kantor pusat British Geological Survey.

Peneliti menggunakan zirkon di batuan sekitarnya untuk menentukan dengan tepat berapa umur fosil. Zirkon merupakan mineral radioaktif kecil yang bertindak sebagai jam geologis.

Temuan ini dipublikasikan di Nature Ecology and Evolution.