Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tetap Bugar meski Hibernasi 7 Bulan, Rahasia Beruang Ada pada Darahnya

KOMPAS.com - Beruang hitam diketahui memiliki kemampuan berhibernasi selama tujuh bulan dalam setahun. Namun apa yang membuat menarik adalah saat si beruang terbangun, mahluk itu pun tersadar dengan kondisi tetap bugar dan sehat.

Padahal jika manusia mencoba untuk tidur selama beruang hitam, otot-otot kita akan mulai melemah karena kurangnya aktivitas fisik.

Namun, berbeda dengan beruang. Saat ia muncul dari sarangnya di awal musim semi, beruang terbangun dan meregangkan tubuh yang ramping dan kuat mereka.

Massa otot dan kekuatan makhluk itu rupanya sebagian besar dipertahankan dari tahun sebelumnya, meski sedikit atau tak ada gerakan bahkan sekedar untuk minum, makan, buang air besar atau kecil.

Apa yang membuat beruang bisa melakukan itu semua?

Para peneliti yang sudah lama bertanya-tanya kini mulai menguak rahasia kemampuan beruang tersebut.

Dalam sebuah studi baru, para peneliti menyebut bahwa kemampuan beruang tersebut ada kaitannya dengan darah mereka, tepatnya zat yang terlarut dalam darah mereka.

Hal ini mungkin terdengar gila. Namun, ketika para peneliti di Jepang mengambil serum darah dari tujuh beruang yang berhibernasi dan menambahkannya langsung ke kultur jaringan yang terbuat dari sel otot rangka manusia, para peneliti melihat peningkatan kandungan protein sel dalam waktu 24 jam.

Pada saat yang sama, terjadi penurunan produksi protein pengatur yang memainkan peran penting dalam pelepasan otot yang tak digunakan.

Perubahan seluler ini hanya terlihat ketika darah hibernasi ditambahkan. Ketika darah diambil dari beruang hitam aktif di musim panas, serum tidak menghentikan proses alami degradasi protein dalam sel otot rangka manusia.

"Kami pun mengindikasikan bahwa ada beberapa faktor yang terdapat dalam serum darah beruang hibernasi yang dapat mengatur metabolisme protein dalam sel otot rangka manusia dan berkontribusi pada pemeliharaan massa otot," ungkap Mitsunori Miyazaki, fisiolog dari Universitas Hiroshima.

Sayangnya, para peneliti belum bisa menunjukkan secara tepat faktor apa yang mendorong kekuatan super hibernasi itu. Miyazaki pun bertekad untuk terus mencari jawabannya.

Pasalnya, mengidentifikasi faktor dalam serum darah beruang yang berhibernasi dan mengklarifikasi mekanisme di balik otot yang tak melemah selama proses itu dapat membantu dunia medis.

"Mengetahui faktor tersebut dapat untuk mengembangkan strategi rehabilitasi yang efektif pada manusia di masa depan yang tengah terbaring di tempat tidur," papar Miyazaki.

Temuan ini dipublikasikan di PLOS One.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/07/26/100000323/tetap-bugar-meski-hibernasi-7-bulan-rahasia-beruang-ada-pada-darahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke