Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Makanan untuk Meningkatkan Kolesterol Baik, Ada Buah hingga Ikan

KOMPAS.com – Terdapat dua jenis kolesterol, yakni kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL). Meski kolesterol jahat perlu dihindari untuk mencegah penyakit, kolesterol baik justru dibutuhkan oleh tubuh.

Kolesterol baik dapat diibaratkan sebagai penyedot debu bagi kolesterol dalam tubuh karena ia dapat menghilangkan kelebihan kolesterol dan penumpukan plak di arteri, yang kemudian dikirimkan ke hati.

Oleh hati, kelebihan kolesterol ini akan dikeluarkan. Pada gilirannya, ini membantu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan serangan stroke.

Makanan untuk meningkatkan kolesterol baik

Dilansir dari Healthline, sebenarnya, bukan makanan yang dapat meningkatkan kolesterol baik, namun ada beberapa faktor gaya hidup lainnya yang berpengaruh.

Pilihan makanan yang tepat untuk menurunkan kolesterol jahat dapat meningkatkan rasio kolesterol baik.

Contohnya, pola makan Mediterania dapat menurunkan kolesterol darah secara efektif pada orang dengan faktor risiko penyakit metabolik.

1. Minyak zaitun

Jenis lemak sehat yang terdapat pada minyak zaitun atau buah zaitun dapat menurunkan dampak inflamasi kolesterol jahat pada tubuh.

Gunakan minyak zaitun extra virgin saat memaak pada suhu rendah hingga sedang karena minyak zaitun jenis ini akan rusak pada suhu tinggi.

2. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh dapat menurunkan kolesterol jahat dan kolesterol total. Pada gilirannya, ini dapat meningkatkan kolesterol baik.

Untuk mendapatkan manfaat baik ini, setidaknya konsumsi dua porsi biji-bijian utuh per hari adalah porsi yang cukup.

3. Kacang-kacangan

Seperti biji-bijian, kacang-kacangan adalah sumber serat larut yang baik, yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Ada banyak pilihan kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi sehari-hari, seperti kacang merah, kacang hitam, kacang polong, dan sebagainya.

4. Buah berserat tinggi

Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung serat tinggi, seperti plum, apel, dan pir, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan.

Buah-buahan berserat tinggi dapat dijadikan sebagai pengganti cemilan yang tinggi gula dan tinggi lemak.

5. Ikan berlemak

Ikan berlemak merupakan ikan yang mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah menurunkan kadar kolesterol jahat.

Pilihan ikan berlemak yang sangat sehat untuk tubuh adalah ikan salmon, ikan kembung, ikan sarden, ikan trout, dan ikan albacore.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/07/03/180200223/5-makanan-untuk-meningkatkan-kolesterol-baik-ada-buah-hingga-ikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke