Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gempa Terkini M 5,3 Guncang Jayapura Papua Akibat Sesar Anjak Mamberamo

KOMPAS.com- Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 5,3 mengguncang wilayah Jayapura, Papua pada pukul 09.25 WIB, Sabtu (14/5/2022).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG); gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,2.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno M.Si mengatakan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,13° LS ; 139,80° BT.

Lokasi tepatnya berada di darat wilayah Jayapura, Papua pada kedalaman 63 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas Sesar Anjak Mamberamo (Mamberamo Fold and Thrust Belt),” jelasnya.

Bambang menjelaskan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault.

Selanjutnya, hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Akan tetapi, dampak getaran akibat guncangan gempa bumi ini dirasakan di sejumlah daerah dengan intensitas yang bervariasi.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Jayapura dengan skala intensitas III - IV MMI, di mana getarannya dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Selain itu, getaran akibat guncangan gempa bumi juga dirasakan di Keerom dengan skala intensitas III MMI. Skala intensitas III MMI ini getarannya dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan akan truk berlalu.


Daerah Sentani merasakan getaran akibat guncangan gempa bumi dengan skala intensitas II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 10.10 WIB, Sabtu (14/5/2022) belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Dengan kondisi ini, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Upayakan agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Selain itu, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/05/14/143529023/gempa-terkini-m-53-guncang-jayapura-papua-akibat-sesar-anjak-mamberamo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke