Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa itu Salmonella dan Bagaimana Cara Mencegah Infeksinya?

KOMPAS.com - Salmonella merupakan satu dari empat penyebab kasus diare di dunia. Salmonella paling banyak ditemukan di makanan, tidak hanya makanan yang di jual secara langsung, namun juga makanan kemasan. Apa itu Salmonella?

Bakteri Salmonella

Salmonella adalah bakteri Gram negatif yang bisa menyebabkan diare, demam, dan kram perut. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memperkirakan bakteri ini menyebabkan 1,35 juta kasus infeksi setiap tahunnya di Amerika Serikat.

Salmonella berasal dari famili Enterobacteriaceae. Bakteri ini memiliki dua spesies, yaitu Salmonella bongori dan Salmonella enterica. Kedua spesies ini adalah spesies yang menjadi penyebab umum dari diare.

Selain kedua spesies tersebut, ada pula spesies Salmonella namun menyebabkan penyakit yang berbeda, yaitu Salmonella thyphi dan Salmonella paratyphi. Keduanya menyebabkan penyakit tipes.

Bagaimana cara mencegah infeksi Salmonella?

Salmonella bisa ditemukan dimana saja. Namun kebanyakan bakteri ini ditemukan di berbagai jenis makanan, terutama makanan yang belum matang dan makanan yang tidak terjaga kebersihannya. Contohnya, telur mentah, daging mentah, buah, dan sayur yang tidak dicuci dengan baik.

Sayangnya, makanan yang terinfeksi Salmonella biasanya terlihat normal dan tidak mengeluarkan bau aneh. Ini membuat kita sulit membedakan makanan yang aman dari Salmonella atau tidak.

Untuk mencegah bakteri Salmonella, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

Kenapa penting untuk mengatasi infeksi Salmonella dengan benar?

Infeksi Salmonella adalah kasus dengan tingkat resistensi antiobiotik yang terus meningkat. Hal ini membuat sulit untuk mengatasi infeksi Salmonella pada kasus yang lebih berat. Salmonella kasus berat bisa menimbulkan kematian. Kematian akibat Salmonella di Amerika Serikat mencapai 420 kasus per tahun.

Cara yang paling utama untuk mencegah resistensi antibiotik adalah dengan menggunakan antibiotik dengan bijak. Maksudnya hanya menggunakan antibiotik ketika dibutuhkan dan diresepkan dokter. Dengan begitu, Anda telah membantu agar pengobatan Salmonella lebih efektif.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/04/08/123000123/apa-itu-salmonella-dan-bagaimana-cara-mencegah-infeksinya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke