Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Menghemat Air, Upaya Menyelamatkan Ketersediaan Air Bersih

KOMPAS.com - Tahukah kamu kalau total air bersih yang kita gunakan hanya 2,5 persen dari total air di Bumi? Menurut Friends of the Earth, sebanyak 97,5 persen air adalah air laut yang terlalu asin untuk digunakan oleh manusia.

Dengan jumlah air tawar yang sangat sedikit tersebut, kita menggunakan air untuk kehidupan sehari-hari. Air tersebut digunakan untuk minum, memasak, menyiram tanaman, mencuci baju dan piring, dan berbagai keperluan harian lainnya.

Sayangnya, banyak kegiatan manusia yang sering kali membuat sumber air tercemar atau membuang-buang air bersih. Ini tentu tidak bijak dan bisa mengurangi air bersih yang bisa kita gunakan.

Oleh karena itu, kita harus mengetahui cara menghemat air, mulai dari rumah kita sendiri. Berikut ini adalah cara menghemat air:

1. Tutup keran

Apakah kamu sering membiarkan keran terbuka ketika kamu sedang menggunakan sabun saat cuci tangan atau ketika menggosok gigi? Ternyata membiarkan keran menyala ketika menyikat gigi bisa membuang air hingga 6 liter.

Dengan menutup keran ketika sedang menyabuni tangan dan menyikat gigi, kamu tidak hanya bisa menghemat air, namun juga menghemat tagihan air.

2. Mengecek pipa secara berkala

Terkadang pipa air yang sudah lama bisa mengalami kebocoran kecil. Mungkin kamu mengira kebocorannya tidak signifikan karena hanya menetes saja. Padahal, satu titik kebocoran kecil bisa membuang air hingga 3,8 liter per hari.

3. Maksimalkan kapasitas mesin cuci

Jika kamu menggunakan mesin cuci untuk mencuci pakaianmu, tunggu waktu mencuci hingga kapasitas maksimal mesin cucimu. Mencuci pakaian dengan memaksimalkan kapasitas mesin terbukti bisa menghemat air dan listrik, dibandingkan dengan mencuci 2 atau 3 kali dengan kapasitas setengah mesin saja.

4. Menampung air hujan

Menampung air hujan bisa bermanfaat untuk kepentingan rumah tangga, seperti menyiram tanaman. Namun, pastikan penampungan air hujan di rumahmu memiliki tutup. Tutup ini berfungsi untuk mencegah nyamuk berkembang biak dan menimbulkan penyakit di rumahmu.

5. Gunakan toilet dengan 2 tipe flush

Toilet duduk terbaru sudah dilengkapi dengan 2 tombol flush, yaitu dengan kapasitas sedikit dan kapasitas yang lebih besar. Kamu bisa mengatur jumlah air untuk menyiram toilet dan menghemat air lebih banyak dibandingkan toilet dengan satu tombol flush saja.

6. Jangan buang sisa air rebusan

Jika kamu menggunakan air untuk merebus atau mengukus makanan, sisa airnya bisa kamu manfaatkan. Air tersebut bisa jadi kaldu yang nikmat untuk berbagai makan atau bisa digunakan untuk menyiram tanaman di depan rumahmu.

7. Pertimbangkan menggunakan shower

Dengan durasi mandi yang sama, mandi menggunakan shower terbukti lebih hemat air dibandingkan mandi dengan gayung biasa. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan shower untuk mandi.

Itu dia cara menghemat air yang bisa kamu lakukan mulai dari rumah. Jadi, langkah mana saja yang sudah kamu lakukan?

https://www.kompas.com/sains/read/2022/03/25/063200423/7-cara-menghemat-air-upaya-menyelamatkan-ketersediaan-air-bersih

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke