Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Puluhan Pelajar SMP di Jember Kedapatan Simpan Pil Koplo, Obat Apa Itu?

KOMPAS.com - Sebanyak 23 pelajar SMP di Kabupaten Jember dibawa ke Polsek Patrang untuk diperiksa terkait penemuan pil koplo di sekolah.

Seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (26/1/2022) Kanit Reskrim Polsek Patrang Iptu Joko Sudigdo, menuturkan bahwa guru pembimbing di sekolah pada awalnya mencurigai salah satu pelajar.

Setelah diperiksa, terdapat pil berwarna putih yang disimpannya. Kabarnya, pil tersebut berasal dari seorang siswi di sekolah tersebut.

“Akhirnya ditindaklanjuti pada siswi yang ada di kelas itu,” kata Joko.

Setelah diselidiki polisi menemukan pelaku yang memiliki, menyimpan, dan mengedarkan obat keras berbahaya itu adalah kakak dari salah satu siswi.

Apa itu pil koplo?

Dokter Adiksi dan Peneliti Institute of Mental Health Addiction and Neuroscience Jakarta, dr Hari Nugroho, MSc menjelaskan pil koplo adalah obat golongan benzodiazepine, sama seperti flunitrazepam (rohypnol), nipam, atau lexotan.

Obat golongan benzodiazepine sendiri merupakan obat anti cemas yang sifatnya depresan atau menenangkan.

"Mereka yang menyalahgunakan obat ini jadi mengantuk, lambat reaksinya, sehingga pilnya dijuluki pil koplo yang dalam bahasa Jawa artinya bodoh atau dungu," kata Hari saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/1/2022).

Dia menambahkan, saat ini pil koplo tidak terbatas pada obat golongan benzodiazepine saja, tetapi termasuk obat-obatan yang diresepkan dengan efek psikoaktif, seperti trihexyphenydil (THP) yang dikenal dengan Trihex, Heximer, pil double L dan sebagainya.

"Kemudian juga obat batuk dextromethorphan sering juga disalahgunakan, dan dimasukkan dalam golongan pil koplo ini," papar Hari menanggapi 23 pelajar SMP di Jember membawa pil koplo.

Dokter Hari menuturkan, bahwa efek dari obat bergantung pada tujuannya, mayoritas orang yang menyalahgunakan obat ini akan merasa rileks atau berhalusinasi.

Obat-obatan yang disebut pil koplo ini, dikatakan Hari apabila dikonsumsi dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan seseorang ketergantungan atau adiksi.

Efek samping pil koplo

Dilansir dari Tribun Jember, Kamis (27/1/2022) 23 pelajar SMP di Jember membawa pil koplo jenis Trihex.

Menurut Hari, obat yang termasuk ke dalam trihexyphenydil seperti Trihex bersifat antikolinergik, agar tak memicu pergerakan otot tak sadar pada organ dalam.

Adapun efek samping pil koplo di antaranya:

  • Mulut menjadi kering
  • Pandangan kabur
  • Sembelit atau konstipasi
  • Susah atau sakit saat buang air kecil
  • Mual dan muntah
  • Sakit kepala
  • Terganggunya kesadaran
  • Merasa kebingungan
  • Gangguan fungsi memori
  • Tremor atau ada gerakan berulang yang sulit dikendalikan
  • Berperilaku dan berpikiran yang tidak biasa
  • Pada anak dan remaja sering lebih mudah marah
  • Serta lebih agresif

Di samping itu, Hari menyampaikan bahwa harganya yang murah menjadi salah satu faktor di mana obat seperti pil koplo mudah diakses oleh banyak orang, terlebih pada obat-obatan generik.

"Semestinya obat-obat seperti trihexyphenydil, obat golongan benzodiazepine, dextromethorphan yang murni, harus diberikan dengan resep dokter," terang Hari.

Terkait penyebaran pil koplo yang meluas, Hari berkata, bisa disebabkan berbagai hal termasuk mendapatkan obat secara ilegal.

"Kalau pun dapat dari apotek juga didapatkan dengan cara yang tidak benar," pungkasnya.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/01/27/113000723/puluhan-pelajar-smp-di-jember-kedapatan-simpan-pil-koplo-obat-apa-itu-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke