Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Warna Mata Berbeda-Beda?

KOMPAS.com - Mata manusia memiliki warna yang berbeda-beda. Contohnya orang Asia umumnya memiliki mata berwarna hitam atau coklat, sedangkan orang Eropa dan Amerika umum memiliki warna mata biru. Mengapa demikian?

Penyebab warna mata berbeda

Bagian mata yang membuat warna mata berbeda adalah iris. Warna iris ditentukan dari kehadiran pigmen melanin. Semakin tinggi kadar melanin pada iris, maka warna matanya akan semakin gelap. Begitu pula sebaliknya, mata berwarna biru, hijau, dan abu-abu hanya memiliki sedikit melanin.

Para ahli menyebutkan bahwa ketika dilahirkan, semua bayi memiliki warna mata coklat. Namun, warna tersebut akan berubah hingga bayi berusia 6 bulan.

Bahkan para ahli percaya bahwa dahulu, semua manusia memiliki warna mata coklat sampai sekitar 10.000 tahun yang lalu. Setelah itu terjadi mutasi sehingga manusia bisa memiliki warna mata yang berbeda-beda.

Warna mata secara umum dapat dipengaruhi oleh 3 hal, yaitu genetik, penyakit, dan trauma. Genetik yang dimaksud berkaitan dengan ras.

Orang Asia cenderung memiliki kulit lebih gelap dari orang ras Kaukasia. Melanin yang terdapat pada iris sama dengan melanin yang berada di kulit dan orang Asia lebih banyak memiliki melanin daripada ras Kaukasia. Oleh karena itu, Orang Asia lebih mungkin memiliki warna mata yang gelap daripada orang Kaukasia.

Fungsi warna mata berbeda

Warna mata yang berbeda karena mengandung melanin ternyata bukan hanya untuk memberi warna. Melanin pada iris berfungsi sebagai perlindungan utama dari sinar ultraviolet agar tidak merusak bagian dalam mata.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/12/14/210000023/kenapa-warna-mata-berbeda-beda-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke