Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Minum Susu Bikin Anak Tambah Tinggi?

Namun, ada banyak faktor yang menentukan tinggi badan anak. Faktor yang memegang peran terbesar adalah genetik. Faktor lainnya adalah nutrisi, hormon pertumbuhan, dan kesehatan tubuh yang baik.

Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah dr. A. A. A. Putu Indah Pratiwi, Sp.A mengatakan, agar anak dapat mencapai tinggi optimalnya, berikan anak nutrisi yang baik, ajak berolahraga dan melakukan aktivitas fisik rutin, serta pastikan anak cukup tidur.

“Olahraga apa yang paling baik? Tidak ada olah raga khusus yang berpengaruh pada tinggi badan anak, tetapi olahraga akan membuat anak tumbuh sehat dan memberikan energi positif untuk anak,” kata dr. Putu kepada Kompas.com.

Ia menekankan, dari hasil penelitian menunjukkan, bahwa tidak ada susu atau suplemen khusus untuk menambah tinggi badan anak.

“Susu memang salah satu sumber kalsium dan kalsium baik untuk pertumbuhan tulang, tetapi tinggi badan anak tidak dipengaruhi oleh konsumsi susu,” ujarnya.

Apabila anak memang tampak lebih pendek dari teman-temannya, ia merekomendasikan untul melakukan pemeriksaan lebih jauh dengan dokter spesialis anak, untuk mengetahui apakah tinggi badan anak masih dalam potensi tingginya.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/12/04/193000023/benarkah-minum-susu-bikin-anak-tambah-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke