Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jenis Iklim Amerika Serikat dan Penjelasannya

KOMPAS.com - Amerika Serikat adalah negara dengan wilayah yang sangat luas. Oleh karena itu, iklim di negara ini juga beragam.

Jenis iklim Amerika Serikat

Jenis iklim Amerika Serikat secara umum adalah iklim sedang. Iklim sedang artinya Amerika Serikat memiliki iklim yang cenderung hangat dan lembap ketika musim panas. Selain itu, iklim ini juga mengalami musim dingin ringan dengan sedikit badai.

Iklim sedang dimiliki oleh negara yang secara astronomis terletak diantara 40 sampai 66,5 derajat Lintang Utara (LU) dan 40 sampai 66,5 derajat Lintang Selatan (LS). Amerika Serikat terletak di 24º33'LU – 70º23'LU sehingga memiliki iklim sedang.

Namun ada pengecualian untuk beberapa wilayah karena perbedaan letak wilayahnya. Berikut adalah beberapa pengecualian iklim Amerika Serikat:

  • Iklim kutub atau tundra Arktik: Alaska
  • Iklim tropis: Hawaii dan Florida Selatan
  • Iklim kering: Dataran Great Plains, Iowa, Illinois, Michigan

Pada iklim kering di Amerika Serikat, wilayahnya umumnya berupa padang rumput dengan udara yang kering. Wilayah ini memiliki perbedaan suhu yang cukup ekstrem. Pada musim panas, suhunya bisa lebih dari 38 derajat Celcius. Sedangkan pada musim dingin, suhunya bisa turun hingga -34 derajat Celcius.

Selain iklim tersebut, terdapat perbedaan curah hujan di berbagai negara bagian Amerika Serikat yang membuat iklim terasa berbeda. Pada wilayah Amerika Serikat bagian tenggara memiliki curah hujan sedang dan bagian tengah kering.

Sedangkan wilayah Amerika Serikat bagian barat laut, curah hujan cenderung tinggi. Wilayah yang termasuk ke dalam curah hujan tinggi contohnya Washington dan Oregon. Wilayah ini jarang memiliki perbedaan suhu yang ekstrem seperti pada Dataran Great Plains.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/12/04/113000223/jenis-iklim-amerika-serikat-dan-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke