Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Kardiomegali dan Asam Lambung, Bagaimana agar Tidak Henti Jantung?

KOMPAS.com - Pembaca Kompas.com bernama Boy Jabat yang berusia 50 tahun bertanya:

Selamat siang, Prof. Izin bertanya, saya divonis dokter kardiomegali. Asam lambung saya terus meningkat dan jantung saya terkadang berhenti seketika, sehingga seketika saya merasakan sesak yang membuat saya panik. Bagaimana cara mencegah agar henti jantung tidak terjadi lagi?

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Wishnu Aditya Widodo, Sp.JP (K), FIHA, Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah Konsultan Kardiologi Intervensi dari RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut paparannya:

Halo Bapak Boy Jabat! Terima kasih atas pertanyaanya, ya.

Kardiomegali adalah kondisi yang mengindikasikan pembesaran jantung. Pembesaran jantung dapat terjadi akibat berbagai kondisi seperti hipertensi lama, penyakit katup, penyakit jantung bawaan, pernah terkena serangan jantung, atau masalah pelebaran otot jantung.

Peningkatan asam lambung hingga masuk ke dalam esofagus hingga kerongkongan atas disebut sebagai gastroesofageal reflux disease (GERD).

Pada kondisi ini dapat terjadi tanda dan gejala yang mirip dengan serangan jantung, yaitu dada yang terada panas atau tertekan karena esofagus juga berjalan pada area dada (dari mulut hingga ulu hati).

Secara patofisiologi GERD tidak menyebabkan masalah jantung, hanya tandanya saja mirip

Sementara itu, henti jantung atau cardiac arrest adalah kondisi serius yang sangat mengancam nyawa, biasanya terjadi pada serangan jantung/masalah jantung yang serius.

Harus dibedakan yang dirasakan Bapak, apakah memang mengalami henti jantung atau perasaan denyut ada yang tertunda (skip beat).

Sebaiknya dilakukan pemeriksaan listrik jantung dahulu untuk menentukan apakah terdapat kondisi aritmia/detak jantung yang tidak normal atau tidak. Pencegahan sangat tergantung dari apakah masalah yang teridentifikasi/tidak.

Semoga jawabannya membantu dan Bapak sehat selalu.

dr. Wishnu Aditya Widodo, Sp.JP (K), FIHA
Dokter Spesialis Jantung & Pembuluh Darah
Konsultan Kardiologi Intervensi
RS Pondok Indah – Pondok Indah

Punya pertanyaan terkait kesehatan yang membuat Anda penasaran? Ajukan pertanyaan Anda dengan mengisi formulir di laman ini. Pertanyaan yang terpilih akan dijawab oleh dokter atau ahli terkait.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/11/29/130000223/ada-kardiomegali-dan-asam-lambung-bagaimana-agar-tidak-henti-jantung-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke