Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Pergerakan Lempeng Pasifik dan Lempeng Lainnya di Indonesia?

KOMPAS.com - Lempeng tektonik menjelaskan gerakan dari 15 sampai 20 lempeng Bumi yang berada di lapisan terluar Bumi, yaitu litosfer. Lempeng ini menjelaskan bagaimana gempa bumi terjadi. Gempa bumi terjadi akibat dua lempeng yang bergesekkan atau bertabrakan.

Wilayah Indonesia berada di antara tiga lempeng aktif. Ini merupakan salah satu alasan Indonesia sering mengalami gempa bumi. Tiga lempeng tersebut adalah lempeng Pasifik, lempeng Eurasia, dan lempeng Indo-Australia.

Pergerakan lempeng

Semua lempeng di Bumi terus bergerak. Namun, pergerakannya sangat lambat sehingga tidak terasa oleh manusia, kecuali terjadi gesekkan atau tabrakan.

Mungkin kamu bertanya, bagaimana pergerakan lempeng Pasifik dan lempeng lainnya di Indonesia? Lempeng Pasifik banyak bergerak ke arah barat dan barat laut. Lempeng Pasifik bergerak dengan kecepatan 7 sampai 11 sentimeter per tahun.

Lempeng yang kedua, yaitu lempeng Indo-Australia, bergerak relatif ke arah utara. Lempeng ketiga, yaitu lempeng Eurasia bergerak ke arah utara dengan kecepatan 6 sampai 7 sentimeter per tahun.

Jawa dan Bali merupakan titik pertemuan antara ketiga lempeng tersebut. Hasilnya adalah daerah ini menjadi daerah yang paling rawan gempa.

Daerah ini memiliki ciri-ciri zona subduksi yang ditandai dengan adanya palung laut, zona Benioff, dan cekungan busur luar. Selain itu juga banyak ditemukan pegunungan serta kegiatan gunung api.

Lempeng Eurasia

Lempeng Eurasia adalah lempeng yang mencakup wilayah Eropa dan Asia. Luas lempeng Eurasia adalah 800.000 kilometer persegi. Salah satu fitur geografis yang khas dari lempeng ini adalah Pegunungan Himalaya.

Lempeng Pasifik

Lempeng Pasifik adalah lempeng yang paling luas di dunia, yaitu dengan luas 103.300.000 kilometer persegi.

Lempeng Indo-Australia

Luas lempeng Indo-Australia adalah 58.900.000 kilometer persegi. Lempeng ini merupakan gabungan dari lempeng Australia dengan lempeng India.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/11/26/211500923/bagaimana-pergerakan-lempeng-pasifik-dan-lempeng-lainnya-di-indonesia-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke