Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Khasiat Rebung, Rimpang Muda Bambu untuk Makanan dan Obat

Dari semua bambu yang tumbuh di tanah air, terdapat 124 jenis asli Indonesia dan 88 jenis endemis. Jenis bambu tersebut menghasilkan manfaat dan produk yang beragam. 

Manajer program Pertanian Yayasan Kehati, Puji Sumedi Hanggarawai mengatakan, kehidupan masyarakat Indonesia tidak lepas dari fungsi tanaman bambu, bahkan dari sejak lahir sampai meninggal.

Namun, menurut Puji, masih sedikit masyarakat Indonesia termasuk generasi muda yang memiliki pengetahuan tentang bambu, baik dari jenis, manfaat, keunggulan dan perannya dalam menjaga peradaban dan kehidupan manusia.

"Maka dari itu, diperlukan keterlibatan semua pihak untuk mengedukasi, sekaligus melestarikan tanaman bambu Indonesia,” dalam diskusi daring bertajuk BW in Training: Mengenal Bambu, Mengenal Indonesia, Kamis (26/11/2021).

Bambu dapat dimanfaatkan dalam banyak hal, seperti untuk bidang seni, konstruksi, peralatan rumah tangga, energi, konsumsi, senjata, dan obat herbal juga telah lama dikenal masyarakat nusantara. 

Bambu untuk makanan dan obat

Memanfaatkan bambu sebagai panganan atau konsumi dan obat-obatan sudah dilakukan masyarakat Indonesia sejak dahulu kala.

Bambu untuk makanan, biasanya diambil dari rebungnya, yaitu rimpang muda yang masih tertutup pelepah dan sebagian ujungnya mencuat ke permukaan. 

Dosen di Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udaya sekaligus peneliti bambu, Dr Ir Pande Ketut Diah Kencana, MS mengatakan, rebung biasanya paling banyak didapatkan ketika musim hujan tiba.  

Rebung itu sendiri merupakan rimpang yang berdaging terbal dan lunak, sehingga bisa dimasak. Di masyarakat, rebung biasanya dijadikan sayur lodeh atau bahan isian untuk lumpia. 

Jenis-jenis bambu yang rebungnya enak dimakan, yaitu bambu ampel dan bambu lengka (Gigantochloa nigrociliata).

Diah menceritakan, ada juga produk olahan rebung bambu tabah. Biasanya bagian ujung rebung tabah digunakan untuk membuat mie rebus. Sedangkan, bagian lainnya bisa dimasak oseng-oseng rebung, kare rebung, lawar rebung, rebung rendang, dan teh.

"Saat ini juga banyak yang memproses rebung menjadi beberapa produk dalam kemasan, vakum, botol dan pouch, pikel, rebung kering, semua produk turunan dari rebung tabah berpotensi untuk pasar ekspor," ujarnya.

Sementara, bambu untuk obat dikenal secara tradisional cukup lama, meskipun belum cukup penelitian untuk membuktikannya secara medis. 

Bagian bambu yang digunakan untuk obat antara lain adalah tepung yang ada di bagian dalam lubang buluh. 

Bubuk ini digunakan untuk mengobati luka, termasuk mempercepat penyebuhan pada sisa sayatan sunat. Ada catatan bahwa bubuk ini juga digunakan untuk mengatasi penyakit asma, tetapi hal ini masih memerlukan pembuktian medis dan penelitan ahli lebih lanjut.

Selain itu, belakangan ini juga diperkenalkan pemakaian daun bambu yang diseduh untuk menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah. Namun belum banyak catatan jenis bambu apa. Beberapa menyebutkan jenis bambu kuning. 

Akan tetapi, bambu di Indonesia yang buluhnya berwarna kuning cukup banyak. 

Rebung bambu, termasuk bambu madu (Gigantochloa atter), juga diyakini membantu untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Bambu ampel kuning dimanfaatkan rebungnya oleh penduduk untuk mengatasi penyakit lever.

Selain itu, bambu cangkoreh yang tumbuh di hutan di Jawa Barat (Taman Nasional Gunung Halimun) mempunyai keistimewaan, yaitu jika dipotong air akan menguncur. Air ini digunakan secara tradisional untuk diminum, dan mengobati penyakit asma, atau digunakan untuk tetes mata.

Manfaat rebung untuk kesehatan

Seperti diketahui, rimpang muda bambu atau rebung yang dapat diolah menjadi panganan dan obat-obatan tersebut memang memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan.

Berdasarkan riset terbitan International Scholarly Research Notices, dalam 100 gram rebung mengandung nutrisi:

Berikut khasiat rebung untuk kesehatan:

  1. Mengandung fitokimia yang bersifat antibakteri dan antivirus
  2. Menjaga tekanan darah tetap sehat
  3. Baik untuk diet
  4. Melindungi jantung
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh
  6. Menyehatkan pencernaan
  7. Meredakan masalah pernapasan
  8. Menurunkan kolesterol
  9. Mencegah kanker

Dengan banyaknya manfaat rebung tersebut, Anda tidak perlu ragu untuk mengonsumi rebung tentunya jangan berlebihan atau secukupnya saja.

Namun, jika Anda memiliki penyakit tertentu dan masih dalam masa terapi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai konsumsi rebung ini.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/11/26/200100423/khasiat-rebung-rimpang-muda-bambu-untuk-makanan-dan-obat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke