Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catatan Langka Einstein tentang Teori Relativitas Dilelang di Perancis

KOMPAS.com - Sebuah rumah lelang di Paris, Perancis hari ini, Selasa (23/11/2021) melelang naskah atau catatan langka milik ilmuwan Albert Einstein.

Manuskrip tentang catatan Teori Relativitas setebal 54 halaman itu ditulis bersama temannya, Michele Besso.

Dalam coretan kertas tersebut, kedua ilmuwan meletakkan dasar-dasar teori relativitas umum Einstein yang terkenal.

Mengutip Live Science, Rumah lelang Christie's yang menjadi tuan rumah penjualan memperkirakan kalau dokumen tersebut akan terjual antara 2,4 juta - 3,5 juta dollar AS (sekitar Rp 29 miliar - Rp 51 miliar).

Angka tersebut berpotensi menjadikannya sebagai manuskrip Albert Einstein termahal yang pernah dijual.

"Tanpa diragukan lagi, ini adalah manuskrip Einstein paling berharga yang pernah dilelang," ungkap perwakilan dari rumah lelang catatan langka Albert Einstein dalam sebuah pernyataan.

Dokumen yang ditulis Einstein itu memang istimewa karena pokok bahasannya.

Manuskrip yang ditulis antara Juni 1913 dan awal 1914 ini adalah upaya Einstein dan Besso untuk menjelaskan misteri kosmik, khususnya bahwa jalur orbit Merkurius hanya sehelai rambut dari apa yang diprediksi oleh hukum gerak Isaac Newton.

Menurut rumah lelang, 26 halaman manuskrip ditulis tangan oleh Einstein, sementara 24 halaman ditulis oleh Besso. Tiga halaman ditulis bersama oleh keduanya.

Dalam naskah langka Einstein yang berisi teori relativitas tersebut juga terdapat catatan pinggir yang sering digunakan ilmuwan untuk mengomentari karya orang lain.

Dan pada karya Albert Einstein itu, ia mengomentari karyanya sendiri dengan menguliskan 'stimmt' yang berarti berhasil dalam bahasa Jerman.

Kata itu ia tuliskan di salah satu halamannya yang menggambarkan rotasi relatif bola.

Sayangnya, Einstein dan Besso akhirnya gagal menjelaskan perbedaan orbit Merkurius dalam naskah ini.

Akan tetapi, ide dan persamaan yang mereka kembangkan menjadi dasar teori relativitas Einstein yang masih digunakan untuk menggambarkan hubungan antar objek di ruang angkasa hingga hari ini.

Lebih lanjut, naskah ini juga luar biasa karena kelangkaannya.

Menurut rumah lelang, Einstein jarang menyimpan draft tulisan dan korespondesinya sendiri, tetapi kebalikan dengan Besso yang justru melakukan itu.

Berkat Besso-lah manuskrip ini kemudian bisa menjadi salah satu dari dua draft yang masih ada yang menunjukkan dasar teori relativitas umum.

Sebelum catatan Einstein paling berharga dilelang, beberapa tulisan penemu teori relativitas ini sering kali terjual dengan harga jutaan dolar di pelelangan.

Pada Mei 2021, sebuah surat dari Einstein kepada fisikawan saingannya, yang berisi persamaan E=mc2 dijual seharga 1,2 juta dollar AS (sekitar Rp 17 miliar).

Pada tahun 2017, dua catatan singkat yang ditulis Albert Einstein kepada seorang pelayanan di sebuah hotel di Tokyo juga terjual dengan harga 1,5 juta dollar AS (sekitar Rp 21 miliar).

https://www.kompas.com/sains/read/2021/11/23/200100723/catatan-langka-einstein-tentang-teori-relativitas-dilelang-di-perancis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke