Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Studi Baru: Rutin Minum Kopi dan Teh Turunkan Risiko Stroke dan Demensia

Bahkan minum kopi juga dikaitkan dengan risiko demensia pasca stroke yang lebih rendah.

Penelitian yang dillakukan terhadap indvidu berusia 50 sampai 74 tahun ini telah ditebitkan di jurnal akses terbuka PLOS Medicine pada 16 November 2021.

Stroke adalah masalah kesehatan yang mengancam jiwa, yang menyebabkan 10 persen kematian secara global.

Sementara demensia adalah istilah umum untuk gejala yang berkaitan dengan penurunan fungsi otak dan merupakan masalah kesehatan global dengan beban ekonomi dan sosial yang tinggi.

Demensia pasca stroke adalah suatu kondisi di mana gejala demensia terjadi setelah stroke.

Yuan Zhang dan rekan-rekannya dari Universitas Kedokteran Tianjin, Tianjin, Cina mempelajari 365.682 peserta dari Biobank Inggris, yang direkrut antara tahun 2006 hingga 2010 dan mengikuti mereka hingga 2020.

Pada awalnya, para peserta melaporkan sendiri asupan kopi dan teh mereka. Selama masa studi, 5.079 peserta mengembangkan demensia dan 10.053 mengalami setidaknya satu kali stroke.

Orang yang minum 2-3 cangkir kopi atau 3-5 cangkir teh per hari, atau kombinasi 4-6 cangkir kopi dan teh memiliki insiden stroke atau demensia terendah.

Individu yang minum 2-3 cangkir kopi dan 2-3 cangkir teh setiap hari memiliki risiko stroke 32% lebih rendah dan risiko demensia 28% lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi atau teh.

Asupan kopi atau dalam kombinasi dengan teh juga dikaitkan dengan risiko demensia pasca-stroke yang lebih rendah.

Biobank Inggris mencerminkan sampel yang relatif sehat terhadap populasi umum yang dapat membatasi kemampuan untuk menggeneralisasi asosiasi ini.

Juga, relatif sedikit orang yang mengembangkan demensia atau stroke yang dapat mempersulit untuk memperkirakan tingkat secara akurat ke populasi yang lebih besar.

Sehingga, meskipun ada kemungkinan bahwa konsumsi kopi dan teh dapat melindungi terhadap stroke, demensia, dan demensia pasca-stroke, penelitian lebih lanjut diperlukan.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/11/17/193000223/studi-baru--rutin-minum-kopi-dan-teh-turunkan-risiko-stroke-dan-demensia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke