Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Negara ini Terancam Tenggelam Akibat Pemanasan Global

KOMPAS.com - Perubahan iklim merupakan ancaman yang serius bagi beberapa negara. Perubahan iklim mengakibatkan pemanasan global yang memicu mencairnya es di Kutub Utara. Hal ini membuat tinggi permukaan air laut meningkat.

Bahkan, Climate Central telah merilis beberapa visualisasi kota-kota besar jika suhu Bumi terus meningkat. Sebagian besar kota-kota tersebut akan tenggelam. Hal ini juga menjadi ancaman serius bagi negara-negara yang memiliki tinggi daratan yang rendah.

Dilansir dari Active Sustainability, terdapat beberapa negara yang terancam tenggelam jika terjadi perubahan iklim. Berikut daftar negaranya.

1. Kiribati

Kiribati adalah negara yang terletak di timur laut Australia. Luas wilayah Kiribati mencapai 3 juta kilometer kubik. Ketinggian daratan Kiribati hanya 3 meter, sedangkan ketinggian air meningkat hingga 1,2 sentimeter per tahun. Hal ini tentu mengancam keberadaan negara ini.

2. Maladewa

Negara yang terancam tenggelam berikutnya adalah Maladewa. Maladewa merupakan negara kepulauan ini terletak di Selatan India dengan luas wilayah 298 kilometer persegi.

Maladewa memiliki daratan dengan ketinggian daratan maksimal hanya 2,3 meter. Sedangkan daratan dengan ketinggian terendah berada di titik 1,5 meter saja. Hal inilah yang menyebabkan Maladewa menjadi salah satu negara yang terancam tenggelam jika perubahan iklim terus terjadi.

3. Vanuatu

Vanuatu adalah negara yang berada di selatan Samudera Pasifik. Negara ini terancam tenggelam akibat naiknya ketinggian air laut. Tidak hanya itu, PBB menobatkan Vanuatu sebagai negara yang paling rawan bencana. Dalam sejarah, Siklon Pam telah menghancurkan 90 persen bangunan di negara ini.

4. Tuvalu

Tuvalu adalah negara yang terletak dekat dengan Vanuatu. Oleh karena itu, karakteristiknya sangat mirip dan Tuvalu sama-sama terancam tenggelam.

5. Pulau Solomon

Negara yang berisiko menghilang akibat tenggelam adalah Pulau Solomon. Pulau Solomon terletak di Samudera Pasifik bagian selatan. Bahkan ancaman bahwa negara ini akan tenggelam, telah diberikan lebih dari lima tahun lalu.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/11/16/173100823/5-negara-ini-terancam-tenggelam-akibat-pemanasan-global

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke