Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Pasien Kemoterapi

KOMPAS.com - Kemoterapi untuk mengobati kanker bisa memberikan efek samping bagi orang yang menjalaninya. Salah satu efek samping kemoterapi adalah gangguan nafsu makan dan mual. Bagaimana cara mengatasinya dan apa makanan yang bisa dikonsumsi pasien kemoterapi?

Makanan yang boleh dikonsumsi pasien kemoterapi

Orang dengan kanker memiliki kebutuhan gizi yang berbeda dengan orang sehat pada umumnya. Tidak ada menu makanan khusus yang dikonsumsi orang yang sedang kemoterapi.

Akan tetapi, orang yang menerima perawatan kemoterapi membutuhkan makanan dengan protein dan kalori tinggi. Pasien ini mungkin membutuhkan tambahan asupan protein, misalnya susu, keju, dan telur.

Saran cara makan pada saat menjalani kemoterapi

Dilansir dari National Cancer Institute, terdapat beberapa cara untuk makan agar tubuh pasien tetap mendapatkan nutrisi yang cukup sejak sebelum, saat, hingga sesudah kemoterapi. Berikut rekomendasinya.

  • Makan banyak protein dan kalori saat bisa. Ini akan membantu menambah kekuatan dan membantu meregenerasi jaringan yang rusak akibat kemoterapi.
  • Makan ketika nafsu makan sedang tinggi. Sebagian besar memiliki nafsu makan paling tinggi di pagi hari. Pasien bisa mengonsumsi satu porsi lengkap makanan dan didukung makanan cair pengganti makanan di siang dan malam hari.
  • Minum banyak cairan. Cairan adalah asupan yang terpenting bagi tubuh. Pasien bisa memperbanyak konsumsi air putih, jus, susu, atau cairan lainnya.
  • Jika sesekali pasien tidak bisa makan sama sekali, tidak mengapa. Namun, jika pasien tidak makan selama dua hari, segera hubungi dokter.
  • Pilih porsi makan kecil namun sering. Misalnya, Anda bisa makan nasi dalam porsi kecil 5 sampai 6 kali dalam sehari. Ini lebih efektif dibandingkan dengan memaksakan diri makan porsi besar 3 kali sehari.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/11/14/123000523/makanan-yang-boleh-dan-tidak-boleh-dikonsumsi-pasien-kemoterapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke