Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hewan Laut Terbesar di Dunia

KOMPAS.com - Laut merupakan habitat yang tidak terbatas bagi berbagai makhluk hidup. Bahkan banyak bagian laut yang belum dieksplorasi. Laut ternyata menjadi tempat tinggal berbagai makhluk raksasa. Berikut 5 hewan laut terbesar di dunia.

1. Paus biru

Hewan laut terbesar di dunia adalah paus biru. Paus biru memiliki panjang 24,9 meter dengan berat mencapai 165 ton. Paus biru merupakan mamalia terbesar yang pernah hidup. Bahkan, berat jantungnya saja mencapai 680 kilogram.

2. Paus sirip

Hewan laut terbesar kedua masih dipegang oleh paus, namun kali ini paus sirip. Paus sirip memiliki berat mencapai 50 ton dengan panjang 20,7 meter. Karakter unik dari paus sirip adalah rahang bawahnya yang berbeda warna antara kanan dan kirinya. Rahang bawah sebelah kanan berwarna hitam, sedangkan rahang bawah kiri berwarna putih.

3. Paus sperma

Selanjutnya adalah paus sperma yang memiliki panjang 20,4 meter dengan berat 65 ton. Sebenarnya ukurannya hampir mirip dengan paus sirip. Namun, panjang paus sirip yang pernah ditemukan lebih panjang dari paus sperma.

4. Hiu paus

Hiu satu ini mendapatkan nama paus karena ukurannya yang luar biasa. Hiu paus memiliki panjang 10 meter dengan berat mencapai 20,5 ton. Pada tubuh hiu paus terdapat bintik kecoklatan yang memiliki pola unik pada setiap individu.

5. Paus orca

Paus orca disebut juga paus pembunuh karena ia merupakan predator. Berbeda dengan keempat jenis hewan laut terbesar sebelumnya yang mencari binatang yang jauh lebih kecil untuk dimakan, paus orca memilih mangsa yang lebih besar. Paus orca bisa memakan apapun, bahkan paus lainnya. Paus orca terkenal karena warnanya yang khas, yaitu hitam dan putih.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/11/13/211200023/5-hewan-laut-terbesar-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke