Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Khasiat Ciplukan untuk Kesehatan, Salah Satunya Tingkatkan Imun

KOMPAS.com - Golden berry atau biasa kita sebut ciplukan adalah buah yang tumbuh liar di kebun, sawah kering, selokan, hingga pinggiran hutan. Manfaat buah ciplukan untuk kesehatan sangat beragam.

Tak hanya itu, buah ciplukan kaya akan nutrisi yang baik. Menurut data United States Department of Agriculture (USDA), dalam 140 gram ciplukan terdapat karbohidrat, serat, protein, lemak,vitamin A, fosfor, zat besi, beta karoten, vitamin C, dan vitamin K di dalamnya.

Buah yang berwarna oranye cerah ini memiliki kulit tipis yang membungkusnya. Tampak serupa dengan tomat ceri, ciplukan berukuran lebih kecil dan terasa manis jika sudah matang.

Dilansir dari Healthline, Kamis (29/10/2021) ada banyak manfaat buah ciplukan yang menyehatkan tubuh. Berikut adalah lima manfaat buah ciplukan untuk kesehatan.

Khasiat ciplukan

1. Buah ciplukan mengandung antioksidan tinggi

Buah ciplukan kaya akan senyawa tanaman yang disebut antioksidan. Antioksidan berfungsi melindungi dan memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas, molekul yang menyebabkan penuaan serta penyakit kanker.

Studi tahun 2015 yang diterbitkan di Journal of The Arab Society for Medical Research, telah mengidentifikasi 34 senyawa unik dalam golden berry yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satunya senyawa fenolik, yang terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan usus besar dalam penelitian tabung reaksi.

Kulit buah ciplukan pun memiliki kandungan antioksidan hampir tiga kali lipat dari daging buahnya. Anda dapat memakan ciplukan saat sudah matang, karena pada saat itulah tingkat antioksidannya tinggi.

2. Buah ciplukan dapat mencegah peradangan

Senyawa dalam buah ciplukan yang disebut withanolides mungkin memiliki efek anti inflamasi di tubuh, dan berpotensi melindunginya dari kanker usus besar.

Sebuah penelitian tahun 2015 yang dipublikasikan National Library of Medicine, ekstrak dari kulit buah ciplukan mengurangi peradangan pada tikus dengan penyakit radang usus.

Selain itu, tikus yang diobati dengan ekstrak ini memiliki tingkat inflamasi yang lebih rendah di jaringan mereka.

Meskipun belum ada penelitian pada manusia, penelitian tabung reaksi dalam sel manusia mengungkapkan efek terhadap peradangan.

3. Ciplukan dapat meningkatkan imunitas

Studi pada sel manusia mencatat bahwa buah ciplukan dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh. Buahnya mengandung banyak polifenol yang berfungsi menghalangi inflamasi.

Selain itu, vitamin C yang terkandung di dalamnya memainkan peran dalam respons sistem kekebalan tubuh yang sehat.

4. Buah ciplukan bermanfaat untuk kesehatan tulang

Manfaat buah ciplukan lainnya adalah membantu menyehatkan tulang karena banyak mengandung vitamin K. Vitamin ini adalah komponen penting dari tulang.

5. Memperbaiki penglihatan mata

Buah ciplukan mengandung lutein, beta karoten, dan beberapa karotenoid lainnya. Mengonsumsi karotenoid dari buah-buahan dan sayuran dikaitkan dengan risiko degenerasi makula yang lebih rendah.

Lutein karotenoid dikenal baik untuk mencegah penyakit mata. Senyawa lutein karotenoid lain pada buah ciplukan, termasuk zeaxanthin dan lycopene, yang telah terbukti melindungi mata dari kebutaan akibat diabetes.

Buah ciplukan memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh, tetapi perlu diingat untuk mengonsumsi buah ini saat sudah matang. Jika memakan buah yang masih mentah, justru dapat beracun.

Ciplukan mentah mengandung solanin, racun yang menyebabkan gangguan pencernaan, termasuk kram dan diare. Serta, hindari mengonsumsi buah ciplukan secara berlebihan.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/10/29/190200423/5-khasiat-ciplukan-untuk-kesehatan-salah-satunya-tingkatkan-imun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke