Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jenis-jenis Gigi dan Fungsinya

KOMPAS.com – Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang terkuat. Umumnya, orang dewasa memiliki 32 gigi, sedangkan anak-anak memiliki 20 gigi.

Gigi orang dewasa disebut gigi permanen yang terdiri dari 8 gigi seri, 4 gigi taring, 8 gigi premolar, dan 12 gigi geraham.

Sementara itu, anak-anak memiliki 10 gigi yang sama di rahang atas dan bawah, yakni 4 gigi seri, 2 gigi taring, dan 4 gigi geraham.

Jenis gigi dan fungsinya

Terdapat empat jenis gigi yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Dilansir dari Healthline, berikut adalah penjelasan mengenai jenis-jenis gigi dan fungsinya.

1. Gigi geraham

Gigi manusia yang berfungsi untuk menghaluskan makanan adalah gigi geraham. Ia merupakan gigi terbesar dan terkuat.

Gigi geraham memiliki permukaan yang besar untuk membantu menghaluskan makanan. Ketika makan, lidah akan mendorong makanan ke bagian belakang mulut untuk dipecah dan dipotong menjadi lebih kecil oleh gigi geraham.

Geraham termasuk empat gigi bungsu yang merupakan kumpulan gigi terakhir yang tumbuh. Biasanya, gigi bungsu tumbuh pada usia 17-25 tahun.

2. Gigi premolar

Di sebelah gigi taring terdapat 8 gigi premolar, tepatnya 4 gigi premolar di atas dan 4 lainnya di bagian bawah.

Gigi premolar lebih besar dibandingkan gigi taring dan gigi seri. Permukaannya datar dengan tonjolan untuk menghancurkan dan menggiling makanan menjadi potongan yang lebih kecil agar lebih mudah ditelan.

Bayi dan anak-anak belum memiliki gigi premolar karena gigi ini baru tumbuh di usia sekitar 10 tahun.

3. Gigi taring

Terdapat 4 gigi taring di sebelah gigi seri. Di bagian atas terdapat 2 gigi taring dan di bagian bawah pun terdapat 2 gigi taring.

Gigi taring memiliki permukaan yang tajam dan runcing sehingga berfungsi untuk merobek makanan.

Pada bayi, gigi taring akan muncul di usia 16-20 bulan. Gigi taring atas akan tumbuh terlebih dahulu, kemudian diikuti oleh taring bawah.

4. Gigi seri

Terdapat 8 gigi seri yang terletak di bagian depat mulut. Gigi seri berbentuk seperti pahat kecil dan memiliki tepi tajam untuk membantu menggigit makanan.

Gigi seri biasanya merupakan gigi pertama yang muncul, yakni pada usia sekiat 6 bulan. Kemudian, gigi seri dewasa tumbuh di usia 6-8 tahun.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/10/25/211500123/jenis-jenis-gigi-dan-fungsinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke