Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Cegah Kulit Rusak karena Keseringan Cuci Tangan

Sejak dahulum bahkan jauh sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia, mencuci tangan telah dianjurkan untuk dilakukan supaya mencegah berbagai penyakit menular dan penyakit tidak menular.

Terlebih sejak pandemi Covid-19 terjadi, kebersihan tangan mendapatkan perhatian lebih karena risiko penularannya yang begitu cepat.

Akan tetapi, terlalu sering mencuci tangan ternyata juga bisa menyebabkan kerusakan kulit.

Beberapa orang mengalami kulit rusak karena keseringan mencuci tangan, termasuk kulit terlalu kering, kulit pecah-pecah, bahkan bisa sampai terjadi eksim dan psosiaris pada mereka yang terlalu sering mencuci tangan dan memang memiliki kondisi tertentu pada kulitnya.

Berbagai macam kerusakan kulit muncul karena kulit tangan terlalu sering dibasuh air, dan kita tidak mengetahui apakah air tersebut benar-benar higienis atau tidak.

Selain itu, kulit rusak karena keseringan cuci tangan juga diakibatkan oleh penggunaan pembersih tangan seperti sabun yang dapat menghilangkan protein dalam epidermis pada kulit.

Hilangnya protein dalam epidermis ini ternyata bisa menyebabkan dermatitis kontak iritan pada tangan.

Lantas, bagaimana cara kita mencegah kerusakan tangan akibat terlalu sering mencuci tangan?

Cara cegah kulit rusak karena keseringan cuci tangan

Dilansir dari Healthline, ada lima cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dampak negatif akibat terlampau sering mencuci tangan, yakni:

1. Gunakan sabun yang mengandung pelembab

Seperti yang disampaikan sebelumnya, kerusakan kulit tangan bisa dipicu dari penggunaan pembersih seperti sabun yang digunakan saat mencuci tangan.

Sebab, beberapa bahan kimia dalam sabun memang bisa mengupas kulit.

Untuk mencegahnya, disarankan menggunakan sabun yang mengandung pelembab setiap kali mencuci tangan.

Dalam hal ini, pakar dermatologi Renee Rouleau menyarankan untuk menggunakan sabun berbahan seperti gliserin dan lanolin, serta hindarilah sabun batangan karena mengandung pH tinggi.

"pH tinggi pada sabun batangan bisa menyebabkan kulit kering. Sebaiknya, pilih sabun cair," kata dia.


2. Gunakan air hangat

Cara mencegah kerusakan kulit berikutnya adalah dengan mencuci tangan selama 20 detik, dengan menggunakan air hangat.

Perlu diingat, air hangat ini berbeda dengan air panas. Pakar dermatologi Daniela Kroshinsky mengingatkan untuk tidak mencuci tangan dengan air panas, karena justru akan membuat kulit tangan sangat cepat kering.

3. Keringkan tangan dengan kain lembut

Setelah mencuci tangan, upayakan untuk mengeringkan tangan dengan kain yang lembut. Hindari penggunaan kain yang kasar.

Jika bisa, bahkan keringkan tangan dengan handuk kertas karena memiliki permukaan yang lembut, sehingga tidak membuat iritasi kulit.

Selain itu, gunakanlah handuk pribadi sendiri, cucilah handuk sesering mungkin, dan hindari berbagi handuk dengan orang lain.

4. Gunakan pelembab

Air bertindak seperti magnet dan akan menarik air keluar dari lapisan kulit terdalam dan menguap ke udara. Hal ini akan membuat kulit menjadi kering.

Oleh karena itulah, disarankan untuk menggunakan pelembab berbentuk lotion atau salep untuk menghalangi air keluar dari kulit.

Memakai pelembab juga akan membantu memberikan lapisan pelindung agar kulit tidak mudah kering serta membuat kulit menjadi lebih rileks.

Jika Anda memiliki kulit tangan pecah-pecah, sebaiknya gunakan pelembab berbentuk krim dalam jumlah banyak.

5. Gunakan sarung tangan

Usai mencuci, mengeringkan dan mengoleskan pelembab kulit. Cara mencegah kerusakan kulit berikutnya adalah dengan penggunaan sarung tangan.

Pakailah sarung tangan selama satu hingga dua jam saja untuk menjaga kelembaban kulit lebih lama.

Bagi Anda yang memiliki kulit pecah-pecah, setelah memakai pelembab krim yang banyak, pakailah sarung tangan berbahan katun semalaman.

Penggunaan sarung tangan ini akan berfungsi untuk menjaga kulit tangan Anda tetap lembab bahkan selama enam hingga delapan jam.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/10/15/180100423/5-cara-cegah-kulit-rusak-karena-keseringan-cuci-tangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke